Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Mataram Melalui Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Berbantuan Media Visual
DOI:
10.29303/jcar.v3i2.893Published:
2021-08-31Issue:
Vol. 3 No. 2 (2021)Keywords:
Metode Pemberian Tugas (Resitasi), Media Visual, Hasil BelajarArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan menggunakan metode pemberian tugas (resitasi) berbantuan media visual di kelas XII IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Mataram. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Mataram tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan secara bertahap dimana hasil belajar siswa dari siklus  I sebesar 69,44%  meningkat pada siklus  II sebesar 86,11%. Selain itu aktivitas siswa terjadi peningkatan rata-rata sebesar 13,77%, dan aktivitas guru juga terjadi peningkatan, rata-rata  sebesar 11,54%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas  (resitasi)  berbantuan  media  visual  dapat  meningkatkan  hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 MataramReferences
Acing, M.K. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Media Cetak Dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII D Di SMP Kemala Bhayangkari Kabuaten Kubu Raya. (Skripsi).
Ahmadi, A. & Tri, J. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Bahri, S. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadiman, A., Raharjo, P., Haryono, R., Anung., & Raharjito. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Author Biography
R. Wiwin Sri Widayati, SMA Negeri 1 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
License
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).