Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Mengembangkan Argumen Bernegosiasi melalui Pembuatan Dialog Film Pendek

Authors

Ilhamuddin Aminullah

DOI:

10.29303/jcar.v3i2.895

Published:

2021-08-31

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2021)

Articles

Downloads

How to Cite

Aminullah, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Mengembangkan Argumen Bernegosiasi melalui Pembuatan Dialog Film Pendek. Journal of Classroom Action Research, 3(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v3i2.895

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas X Mipa-2 SMAN 1 Mataram tahun pelajaran 2020/2021 dalam mengembangkan argumen teks negosiasi  melalui dialog film pendek.  Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumenter. Data yang diperoleh melalui observasi dianalisis untuk melihat ketercapaian indikator tindakan, sedangkan data yang diperoleh melalui tes dianalisis untuk melihat ketercapaian indikator kompetensi mengembangkan argumen teks negosiasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan kemampuan mengembangkan argumen dalam teks negosiasi  siswa kelas X Mipa-2 SMAN 1 Mataram tahun pelajaran 2020/2021 melalui dialog film pendek. Hal terebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa secara klasikal yaitu dari 75,05 pada prasiklus menjadi 78,86 (siklus I), dan 81,71 (siklus II), dan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 57,14% pada prasiklus menjadi 74,29%  (siklus I), dan 88,57% (siklus II).

References

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Guntur, A. (2010). Strategi Negosiasi. Jakarta: Stekpi.

Jefrilianto, Zafri, dan Ofianto. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Film dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 1(2). 332 – 342.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Maharani, I., Fridani, F., & Akbar, Z. (2019). Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan dalam Layanan Informasi Bimbingan Klasikal. Faktor: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 6(2). 13-146.

Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Margono, S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Musfiqon, H.M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianton, T. (2013). Film sebagai Media Belajar. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Wardhani, I.G.A.K. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Weston, A. (2007). Kaidah Berargumentasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Author Biography

Ilhamuddin Aminullah, SMA Negeri 1 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).