Optimalisasi Peran Wali Kelas untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Siswa Masa Pandemi Covid-19

Authors

Kun Andrasto

DOI:

10.29303/jcar.v3i2.896

Published:

2021-08-31

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2021)

Keywords:

wali kelas, pembelajaran, aktivitas, pandemi covid-19

Articles

Downloads

How to Cite

Andrasto, K. (2021). Optimalisasi Peran Wali Kelas untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Siswa Masa Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 3(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v3i2.896

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan memaparkan optimalisasi peran wali kelas  untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan model siklus yang setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, kemudian dianalisis dan diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepala sekolah berhasil melakukan optimalisasi peran wali kelas serta terjadi peningkatan peran wali kelas dalam menunjang keaktifan siswa SMAN 1 Mataram mengikuti pembelajaran masa pandemi covid-19, yang dibuktikan dengan data bahwa dari 23 wali kelas yang menjadi subjek penelitian, terjadi peningkatan jumlah wali kelas yang masuk kategori memenuhi kriteria yaitu dari 12 orang (52%) pada pratindakan menjadi 17 orang (74%) pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 20 orang (87%) pada siklus II.

References

Aji, R.H.S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. 7 (5). 395-402.

Albertus, D.K. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo

Mustika, Z. (2015). Pentingnya Peranan Wali Kelas dalam Pembelajaran. Jurnal Intelektulita. 3(1). 65 -78.

Petriani, E. & Azwar A. (2018). Peran dan Fungsi Wali Kelas dalam Pembinaan Perilaku Siswa di SMP Negeri 33 Padang. Journal of Civic Education 1(3). 289 - 296.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutadipura, B. (2013). Kompetensi Guru dan Kesehatan Mental. Bandung. PT. Angkasa

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kualitati, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Author Biography

Kun Andrasto, SMA Negeri 1 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).