Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan Silent Video pada Siswa SMA Negeri 1 Mataram

Authors

Sri Ngayomi Widiprihati

DOI:

10.29303/jcar.v3i2.898

Published:

2021-08-31

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2021)

Articles

Downloads

How to Cite

Widiprihati, S. N. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan Silent Video pada Siswa SMA Negeri 1 Mataram. Journal of Classroom Action Research, 3(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v3i2.898

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguraikan upaya meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada siswakelas XI Lintas Minat Bahasa Inggris SMAN 1 Mataram tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan pola siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melihat peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa persiklus. dan Pembahasan dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa penggunaan silent video dengan pendekatan cooperative learning terbukti secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks naratif. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan perolehan nilai rata-rata peserta yaitu 69,9 pada siklus I menjadi 77,3 pada siklus II dan ketuntasan klasikal meningkat dari dari 78% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. Kekatifan siswa juga meningkat dari 72% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II

References

Agustian, S. (2012). The Effect of Using Video Towards Students’ Writing Motivation at the Second Year of State Islamic Senior High School Tembilahan Indragiri Hilir Regency (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Alviano, F., Oktawati, H., & Kurniawan, A. E. (2021). An Analysis of Students’ability in Writing Narrative Text at X Grade in SMA N 1 Merangin Academic Year 2019/2020. Selecting, 3(3), 23-30.

Amilia, F. (2018). Pemahaman dan Habituasi untuk Membangun Kompetensi Menulis Praktis dan Ilmiah. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1).

Gultom, N. (2012). Penerapan Media Feature Perjalanan pada Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 20011/2012 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Hayland (2004:09) Hyland, K. (2003). Second Language Writing, New York: Cambridge University Press.

Kemmis, S. &McTaggart, R. (1988).The Action Research Reader (Third Edition). Victoria: Deakin University Press

Rahman, A., Sudiana, N. and Lasmawan, W., 2017. Pengaruh Implementasi Model Kooperatif Tipe Rally Coach Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Narasi dengan Pengendalian Kecerdasan Linguistik pada Peserta didik Kelas V Gugus Xiii Kecamatan Buleleng. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), pp.35-44.

Sarıca, H.C., dan Usluel, Y. K. (2016). Pengaruh bercerita digital pada memori visual dan keterampilan menulis. Komputer & Pendidikan, 94, 298-309.

Warren, S. J. dan Dondlinger, M. J. (2008). A MUVE Menuju Menulis PBL: Efek Lingkungan Pembelajaran Digital yang Dirancang Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Teknologi dalam Pendidikan.41 Nomor 1.

Author Biography

Sri Ngayomi Widiprihati, SMA Negeri 1 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).