Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Teori Gagne Dalam Meningkatkan Disposisi Kritis Dan Berpikir Kritis Biologi Siswa SMA

Authors

Rizki Dewi Sativa Lestari Arifin , AA Sukarso , Kusmiyati , Dadi Setiadi

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8995

Published:

2024-09-02

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Berpikir Kritis, Disposisi Kritis, Problem Based Learning, Teori Gagne

Articles

Downloads

How to Cite

Arifin, R. D. S. L., Sukarso, A., Kusmiyati, & Setiadi, D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Teori Gagne Dalam Meningkatkan Disposisi Kritis Dan Berpikir Kritis Biologi Siswa SMA. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 682–690. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8995

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning berbasis Teori Gagne dalam meningkatkan disposisi kritis dan berpikir kritis biologi siswa SMA. Penelitian ini dilakukan dengan metode desain Non-equivalent Pre-test & Post-test Control Group Designs. Data kemampuan disposisi kritis dikumpulkan menggunakan angket dan berpikir kritis dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Subyek penelitian ini adalah 72 siswa yang terbagi dalam 2 kelas (kelas X A dan X C), yang diambil dari populasi seluruh siswa SMAN 1 Narmada dengan menggunakan teknik non probabilty sampling yaitu sampling jenuh. Analisis data menggunakan uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan disposisi kritis dan berpikir kritis pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yang ditunjukkan oleh hasil uji t sebesar 0,000<0,05. Peningkatan disposisi kritis untuk kelas eksperimen tergolong pada kategori sedang (N-gain = 0,61) dan kelas kontrol dalam kategori sedang (N-gain = 0,40).  Peningkatan berpikir kritis untuk eksperimen tergolong sedang (N-gain =0,61) dan di kelas kontrol dalam kategori sedang (N=gain =0,42). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh terhadap penerapan model pembelajaran berbasis Teori Gagne berorientasi Problem Based Learning (PBL) yang dapat membangun disposisi kritis dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Biologi.

References

Adytia, P. F. & Dwiningsih, K. (2018). Pengembangan lembar kegiatan siswa berorientasi literasi sains pada materi ikatan kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 7(3), 358-364.

DOI: https://doi.org/10.26740/ujced.v7n3.p%p

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53.

Agustina, P., & Saputra, A. (2017). Profil keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah microteaching. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 18. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5670

Agustina, H., & Abidin, Z. (2022). Model Pembelajaran Yang Dapat Menumbuhkan Sikap Berpikir Kritis Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(11), 153–159.

Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Ina, S. (2016). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Pada Materi Biologi. Jurnal Quangga, 9(1), 41–54.

Arikunto, S. (2020). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyanti, E., Fadly, W., Anwar, M. K., & Sayekti, T. (2021). Anallisis Kemampuan Membuat Kesimpulan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Education For Sustainable Development. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 99–107

Asy’ari, Saefi, M., & Cholid, F. (2016). Strategi PQ4R Terintegrasi Model TEAM Quiz Berbasis E-Learning Dalam Memperdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 6(1), 80–98.

Ayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Penerapan metode pembelajaran diskusi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar biologi dengan materi pokok ekosistem dan komponen pendukungnya bagi siswa kelas X semester II SMAN 5 Kota Ternate tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Edutic, 14(1), 375–382.

Bambang, L., Husain, S. N., & Rede, A. (2015). Penerapan pembelajaran media audio-visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran biologi di kelas VIII A SMP GKST Imanuel Palu. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 4(1), 23–28.

Costa, A. L. (1985). Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development

Danil, M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Di Kalangan Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 392–401. Doi:10.26418/jpmipa.v9i2.25832

Dodi, I. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73

Facione, P. A. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. California: The California Academic Press

Fuzi, P., Dan, A., & Dwiningsih, K. (2018). Pengembangan lembar kegiatan siswa berorientasi literasi sains pada materi ikatan kimia development of student worksheet oriented science literacy in chemical bonding matter. UNESA Journal of Chemical Education, 7(3), 358–364

Author Biography

Rizki Dewi Sativa Lestari Arifin, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Rizki Dewi Sativa Lestari Arifin, AA Sukarso, Kusmiyati, Dadi Setiadi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).