Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024
Open Access
Peer Reviewed

Pengembangan E-Modul Ekosistem Berbasis Model Culturally Responsive Transformative Teaching dengan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan Software 3D Pageflip Frofessional

Authors

Aris Arifin Ahmad , Agus Ramdani , Yayuk Andayani , Ismawan Hariadi

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.9035

Published:

2024-08-29

Downloads

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis model Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) dengan pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) berbantuan Software 3D Pageflip Frofessional. Jenis penelitian yang digunakan adalah R & D dengan desain pengembangan 4D yang terbatas pada tahap define, design, dan develop. Pada tahap develop terbatas pada uji validasi ahli oleh enam validator, untuk menilai validitas konten dan konstruk e-modul yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi e-modul untuk aspek kelayakan isi, penyajian dan bahasa. Teknik analisis data menggunakan indeks validitas Aiken’s V. Berdasarkan hasil validasi e-modul pada ketiga aspek yang dinilai, yaitu kelayakan isi, penyajian, dan bahasa, menunjukkan rata-rata hasil yang sangat valid. Pada aspek kelayakan isi, rata-rata 0,894, aspek kelayakan penyajian 0,891, dan aspek kelayakan bahasa rata-rata 0,896. Hasil uji validasi menunjukkan e-modul ekosistem berbasis model CRTT dengan pendekatan SSI berbantuan Software 3D Pageflip Professional dinyatakan sangat valid dari segi kelayakan isi, penyajian, dan bahasa.

Keywords:

E-Modul, Model Culturally Responsive Transformative Teaching, Pendekatan Socio-Scientific Issues, 3D Pageflip Frofessional

References

Arifin, A. A., Andayani, Y., & Sedijani, P. (2024). Rekonstruksi Etnosains Tradisi Pedak Api Dalam Pembelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 241-250.

https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.6366

Adawiyah, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. (2022). Pengembangan modul kimia etnosains terintegrasi model culturally responsive transformative teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–128.

https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2395

Arifin, A. A., Armiani, S., Fitriani, H., & Efendi, M. H. (2022). Validitas Modul Biologi Terapan Berbasis Riset Pada Konsep Pemanfaatan Antosianin Kulit Terong Ungu Sebagai Biosensor. Reflection Journal, 2(2), 82-96.

https://doi.org/10.36312/rj.v2i2.727

Artiniasih, N. K. S., Agung, A. A. G., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengembangan elektronik modul berbasis proyek mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edutech, 7(1), 54–65.

https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.20008

Aftiani, R. Y., Khairinal, K., & Suratno, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemandirian belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458-470.

https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan digital book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102-115.

https://dx.doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354

Hull, S. S., & Chaparro, B. S. (2006). Usability evaluation of digital flipviewer® online flipbooks. In Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting 50 (17),1839-1843. SAGE Publications

Islami, H., & Armiati, A. (2020). Efektivitas penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada bidang keahlian bisnis dan manajemen di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): literature review. Jurnal Ecogen, 3(4), 498-512.

https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/10502

Karsiwan, K., Wardani, W., Lisdiana, A., Purwasih, A., Hamer, W., & Sari, L. R. (2023). Sosialisasi Materi Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Kota Metro Lampung. MALAQBIQ, 2(1), 12-22.

https://doi.org/10.46870/jam.v2i1.513

Kartini, K., Doyan, A., Kosim, K., Susilawati, S., Khasanah, B. U., Hakim, S., & Muliyadi, L. (2019). Analysis validation development learning model attainment concept to improve critical thinking skills and student learning outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 185.

https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.262

Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2022). Self-regulated learning-based digital module development to improve students’ critical thinking skills. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 211–220.

http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v13i1.12756

Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul etnokontruktivisme: implementasi pada kelas V Sekolah Dasar ditinjau dari persepsi, minat dan motivasi. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165-177.

https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030

Lestari, A., Ramdani, A., & Bachtiar, I. (2023). Validitas modul elektronik berbasis socio-scientific issues (ssi) materi zat aditif dan zat adiktif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah dan pemahaman konsep IPA. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 137-143.https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2870

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142.

https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007

Mukhibin, A., & Nafidhoh, B. (2023). Hambatan guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka: Systematic literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 127-137.

https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.7152

Marisa, U., Yulianti, Y., & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan e-modul berbasis karakter peduli lingkungan di masa pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), pp. 323-330

Nurhikmah., Hakim, A., & Wahid, M. S. (2021). Interactive e-module development in multimedia learning. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2293–2300.

https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.863

Ngaji, I. U., Mirawati, B., Ratnasari, D., Arifin, A. A., & Fajri, S. (2023). Implementation of Worksheets Based on Experiments on The Subject of Biotechnology to Develop Students' Scientific Literacy. Reflection Journal, 3(2), 64-73.

https://doi.org/10.36312/rj.v3i2.1733

Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan e-modul dengan sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21-25.

https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27.

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis kesiapan guru mengimplementasikan asesmen autentik dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87-103.

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Serevina, V., Nugroho, D. A., & Lipikuny, H. F. (2022). Improving the quality of education through effectiveness of e-module based on android for improving the critical thinking skills of students in pandemic era. Malaysian Online Journal of Educational Management, 10(1), 1–20.

https://jice.um.edu.my/index.php/MOJEM/article/view/34509

Setiarini, K. P., Agustini, K., Sunarya, I. M. G., & Kom, S. (2016). Pengaruh e-modul berbasis metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar (studi kasus: kelas X multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja). Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 5(2), 277-287.

https://doi.org/10.23887/karmapati.v5i2.8220

Sasikirana, V. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. E-Tech, 8(2), 393456.

https://doi.org/10.24036/et.v8i2.110765

Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84-90. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.127

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Utari, A. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2023). Pemahaman Guru Matematika terhadap Asesmen Nasional pada Kurikulum Merdeka Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 433-441.

http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.12876

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Widiastuti, Ni Luh Gede Karang. (2021). E-modul dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435-445. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974

Author Biographies

Agus Ramdani, Universitas Mataram

Yayuk Andayani, Universitas Mataram

Ismawan Hariadi, SMAN 1 Narmada

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Ahmad, A. A., Ramdani, A., Andayani, Y., & Hariadi, I. (2024). Pengembangan E-Modul Ekosistem Berbasis Model Culturally Responsive Transformative Teaching dengan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan Software 3D Pageflip Frofessional . Journal of Classroom Action Research, 6(3), 673–685. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.9035