Pengembangan E-Modul Ekosistem Berbasis Model Culturally Responsive Transformative Teaching dengan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan Software 3D Pageflip Frofessional

Authors

Aris Arifin Ahmad , Agus Ramdani , Yayuk Andayani , Ismawan Hariadi

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.9035

Published:

2024-08-29

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

E-Modul, Model Culturally Responsive Transformative Teaching, Pendekatan Socio-Scientific Issues, 3D Pageflip Frofessional

Articles

Downloads

How to Cite

Ahmad, A. A., Ramdani, A., Andayani, Y., & Hariadi, I. (2024). Pengembangan E-Modul Ekosistem Berbasis Model Culturally Responsive Transformative Teaching dengan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan Software 3D Pageflip Frofessional . Journal of Classroom Action Research, 6(3), 673–685. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.9035

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis model Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) dengan pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) berbantuan Software 3D Pageflip Frofessional. Jenis penelitian yang digunakan adalah R & D dengan desain pengembangan 4D yang terbatas pada tahap define, design, dan develop. Pada tahap develop terbatas pada uji validasi ahli oleh enam validator, untuk menilai validitas konten dan konstruk e-modul yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi e-modul untuk aspek kelayakan isi, penyajian dan bahasa. Teknik analisis data menggunakan indeks validitas Aiken’s V. Berdasarkan hasil validasi e-modul pada ketiga aspek yang dinilai, yaitu kelayakan isi, penyajian, dan bahasa, menunjukkan rata-rata hasil yang sangat valid. Pada aspek kelayakan isi, rata-rata 0,894, aspek kelayakan penyajian 0,891, dan aspek kelayakan bahasa rata-rata 0,896. Hasil uji validasi menunjukkan e-modul ekosistem berbasis model CRTT dengan pendekatan SSI berbantuan Software 3D Pageflip Professional dinyatakan sangat valid dari segi kelayakan isi, penyajian, dan bahasa.

References

Arifin, A. A., Andayani, Y., & Sedijani, P. (2024). Rekonstruksi Etnosains Tradisi Pedak Api Dalam Pembelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 241-250.

https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.6366

Adawiyah, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. (2022). Pengembangan modul kimia etnosains terintegrasi model culturally responsive transformative teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–128.

https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2395

Arifin, A. A., Armiani, S., Fitriani, H., & Efendi, M. H. (2022). Validitas Modul Biologi Terapan Berbasis Riset Pada Konsep Pemanfaatan Antosianin Kulit Terong Ungu Sebagai Biosensor. Reflection Journal, 2(2), 82-96.

https://doi.org/10.36312/rj.v2i2.727

Artiniasih, N. K. S., Agung, A. A. G., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengembangan elektronik modul berbasis proyek mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edutech, 7(1), 54–65.

https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.20008

Aftiani, R. Y., Khairinal, K., & Suratno, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemandirian belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458-470.

https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan digital book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102-115.

https://dx.doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354

Hull, S. S., & Chaparro, B. S. (2006). Usability evaluation of digital flipviewer® online flipbooks. In Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting 50 (17),1839-1843. SAGE Publications

Islami, H., & Armiati, A. (2020). Efektivitas penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada bidang keahlian bisnis dan manajemen di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): literature review. Jurnal Ecogen, 3(4), 498-512.

https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/10502

Karsiwan, K., Wardani, W., Lisdiana, A., Purwasih, A., Hamer, W., & Sari, L. R. (2023). Sosialisasi Materi Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Kota Metro Lampung. MALAQBIQ, 2(1), 12-22.

https://doi.org/10.46870/jam.v2i1.513

Kartini, K., Doyan, A., Kosim, K., Susilawati, S., Khasanah, B. U., Hakim, S., & Muliyadi, L. (2019). Analysis validation development learning model attainment concept to improve critical thinking skills and student learning outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 185.

https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.262

Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2022). Self-regulated learning-based digital module development to improve students’ critical thinking skills. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 211–220.

http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v13i1.12756

Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul etnokontruktivisme: implementasi pada kelas V Sekolah Dasar ditinjau dari persepsi, minat dan motivasi. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165-177.

https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030

Lestari, A., Ramdani, A., & Bachtiar, I. (2023). Validitas modul elektronik berbasis socio-scientific issues (ssi) materi zat aditif dan zat adiktif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah dan pemahaman konsep IPA. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 137-143.https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2870

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142.

https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007

Mukhibin, A., & Nafidhoh, B. (2023). Hambatan guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka: Systematic literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 127-137.

https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.7152

Marisa, U., Yulianti, Y., & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan e-modul berbasis karakter peduli lingkungan di masa pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), pp. 323-330

Nurhikmah., Hakim, A., & Wahid, M. S. (2021). Interactive e-module development in multimedia learning. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2293–2300.

https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.863

Ngaji, I. U., Mirawati, B., Ratnasari, D., Arifin, A. A., & Fajri, S. (2023). Implementation of Worksheets Based on Experiments on The Subject of Biotechnology to Develop Students' Scientific Literacy. Reflection Journal, 3(2), 64-73.

https://doi.org/10.36312/rj.v3i2.1733

Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan e-modul dengan sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21-25.

https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27.

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis kesiapan guru mengimplementasikan asesmen autentik dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87-103.

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Serevina, V., Nugroho, D. A., & Lipikuny, H. F. (2022). Improving the quality of education through effectiveness of e-module based on android for improving the critical thinking skills of students in pandemic era. Malaysian Online Journal of Educational Management, 10(1), 1–20.

https://jice.um.edu.my/index.php/MOJEM/article/view/34509

Setiarini, K. P., Agustini, K., Sunarya, I. M. G., & Kom, S. (2016). Pengaruh e-modul berbasis metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar (studi kasus: kelas X multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja). Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 5(2), 277-287.

https://doi.org/10.23887/karmapati.v5i2.8220

Sasikirana, V. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. E-Tech, 8(2), 393456.

https://doi.org/10.24036/et.v8i2.110765

Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84-90. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.127

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Utari, A. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2023). Pemahaman Guru Matematika terhadap Asesmen Nasional pada Kurikulum Merdeka Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 433-441.

http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.12876

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Widiastuti, Ni Luh Gede Karang. (2021). E-modul dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435-445. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974

Author Biographies

Agus Ramdani, Universitas Mataram

Yayuk Andayani, Universitas Mataram

Ismawan Hariadi, SMAN 1 Narmada

License

Copyright (c) 2024 Aris Arifin Ahmad, Agus Ramdani, Yayuk Andayani, Ismawan Hariadi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).