Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Kerajinan Ketak Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v7i1.9430Published:
2025-01-21Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025Keywords:
Kerajinan Ketak, Bangun Ruang Sisi Datar, Minat Belajar MatematikaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IX SMPN 1 Praya melalui pengembangan media pembelajaran berbasis etnomatematika kerajinan ketak materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Saputro dengan tiga tahap penelitian, yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan uji coba. Pada tahap studi pendahuluan dilakukan telaah pustaka dan analisis kebutuhan sehingga diperoleh draft awal produk. Pada tahap pengembangan dilakukan Focus Group Discussion, penilaian produk, revisi produk, dan uji coba individu. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis etnomatematika kerajinan ketak yang dapat digunakan pada kelas IX materi bangun ruang sisi datar. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli media, angket, dan uji coba dengan metode campuran, yaitu pengumpulan data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis etnomatematika kerajinan ketak dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan rata-rata hasil angket minat belajar siswa sebesar 85,56% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil tes siswa juga menunjukkan lebih dari 75% siswa memperoleh nilai di atas Kriteria Kelulusan Minimal, sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran kerajinan ketak efektif digunakan.
References
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTS Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966
Arya, L. R., Prayitno, S., & Triutami, T. W. (2024). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika siswa. Jurnal of Classroom Action Research, 6(3), 672681. https://doi.org/doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8690
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 1119. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android pada Materi Fluida Statis. Indonesian Jurnal of Science and Mathematics Education, 1(1), 6370.
Farianti, R., Subarinah, S., & Luluilmaknun, U. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Cerita pada Siswa SMPN. Jurnal of Classroom Action Research, 6(4), 745753. https://doi.org/doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9363
Hamzah, H., Suaedi, & Marufi. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Minat Kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 98105. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1397
Indriani, Y., Sripatmi, S., Arjudin, A., & Subarinah, S. (2021). Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram dalam Membuat RPP dengan Menerapkan Model Problem Based Learning. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 490501. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.112
Khaesarani, I. R., & Hasibuan, E. K. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(3), 3749. https://doi.org/10.23887/wms.v15i3.38716
Khairida. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Aspek Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu, 01(02), 114124.
Kurniati, N., Baidowi, B., & Hikmah, N. (2018). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Kinerja Dosen Dalam Proses Perkuliahan. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 3236. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.471
Kurniati, N., Patmi, S., & Turmuzi, M. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Pada Perkuliahan Program Linier Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Iv Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 11(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v11i2.110
Nurdianti, Prayitno, S., Amrullah, & Kurniati, N. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram Terhadap Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 610620. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.119
Rusmana, N., & Hayati, L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal of Classroom Action Research, 5(4), 466471. https://doi.org/doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5971
Saputro, B. (2021). Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA (1 ed.). Lamongan: Academia Publication.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (4 ed.). Jakarta: Prenada Media Group.
Sripatmi, S., Azmi, S., Junaidi, J., Wulandari, N. P., & Luluilmaknun, U. (2023). Learning Media Recommendations and Criteria for the Validity of Junior High School Mathematics Learning Media Books. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 7(3), 662. https://doi.org/10.31764/jtam.v7i3.14907
Sripatmi, S., Hikmah, N., Sarjana, K., & Junaidi, J. (2020). Faktor Internal Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Matematika Sekolah Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Univeristas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 473477. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2032
Syaharuddin, Mandailina, V., & Anwar, Y. S. (2015). Pengembangan Software Matematika SMP/MTs Berbasis Solutif Menggunakan Borland Delphi. n. d., 8(2), 183192.
Turmuzi, M., Dasing, A. S. H., Baidowi, B., & Junaidi, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online (E-learning) Selama Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 900910. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.482
Utami, S. P. (2019). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 7276. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i2.307
Wafasari, Arjudin, Kurniati, N., & Hikmah, N. (2024). Karakterisasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. Jurnal of Classroom Action Research, 6(4), 754761. https://doi.org/doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9384
Author Biographies
Silviana Wahidayani, Universitas Mataram
Muhammad Turmuzi, Universitas Mataram
Junaidi, Universitas Mataram
Baidowi, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Silviana Wahidayani, Muhammad Turmuzi, Junaidi, Baidowi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).