Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar

Authors

Fifin Asmaliyah , Sripatmi , Nilza Humaira Salsabila , Arjudin

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.2937

Published:

2023-05-11

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2021)

Keywords:

Kesalahan, Prosedur Newman, Soal Cerita, Bentuk Aljabar, Gaya Belajar.

Articles

Downloads

How to Cite

Asmaliyah, F. ., Sripatmi, Salsabila, N. H. ., & Arjudin. (2023). Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar . Journal of Classroom Action Research, 3(2), 48–58. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2937

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan, tingkat kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan prosedur Newman dan ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 17 Mataram tahun ajaran 2022/2023 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kemudian dipilih masing-masing 2 siswa dari setiap tipe gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (i) siswa gaya belajar visual cenderung melakukan kesalahan pada tahap transformasi dan penulisan kesimpulan dengan persentase kesalahan berturut-turut sebesar 80,56% dan 83,33% kategori sangat tinggi dan siswa gaya belajar visual memperoleh persentase kesalahan sebesar 48,33 ketegori sedang, (ii) siswa gaya belajar auditorial cenderung melakukan kesalahan tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan kesimpulan dengan persentase kesalahan berturut-turut sebesar 67,47%, 67,47% dan 66,67% kategori tinggi dan siswa gaya belajar auditorial memperoleh persentase kesalahan sebesar 47,46% kategori sedang, (iii) siswa tipe gaya belajar kinestetik cenderung melakukan kesalahan pada tahap memahami sebesar 46,67% kategori rendah, kesalahan transformasi sebesar 73,33% kategori tinggi, keterampilan proses sebesar 70% kategori tinggi dan penulisan kesimpulan sebesar 70% kategori tinggi dan siswa gaya belajar kinestetik memperoleh persentase kesalahan sebesar 60% kategori tinggi. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa gaya belajar visual yaitu kurang memahami materi bentuk aljabar, tidak mengetahui cara mengubah informasi pada soal ke dalam bentuk matematika, lupa rumus, ingin mempersingkat waktu dan kesalahan pada tahap sebelumnya. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa gaya belajar auditorial yaitu tidak terbiasa menuliskan informasi yang terdapat pada soal, tidak mengetahui rumus, terburu-buru dan kurang teliti. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa gaya belajar kinestetik yaitu siswa kurang memahami maksud dari soal, tidak terbiasa menuliskan informasi pada soal, kurang fokus sehingga kurang teliti saat mengerjakan soal, dan kurang memahami materi.

References

Agustina, I. R., Mulyono, M., & Asikin, M. (2016). Analisis kesalahan siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal matematika bentuk uraian berdasarkan taksonomi solo. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2), 84-91.

Ahmad, F., Turmuzi, M., Junaidi, & Baidowi. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV ditinjau dari jenis kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 127-136.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barir, Rahmawati, N. D., & Rasiman. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya belajar siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(6), 496-505.

DePorter, B. & Hernacki, M. (2007). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa smp kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 4(2), 42-52.

Fitri, N. W., Subarinah, S., & Turmuzi, M. (2019). Analisis kesalahan Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi turunan pada siswa kelas XII. MANDALIKA Mathematics and Education Journal, 1(2), 66.

Hanipa, A. & Sari, V. T. A. (2019). Sistem persamaan linear dua variabel pada siswa. Journal On Education, 01(02), 15–22.

Hartinah, S., Asdar., & Djadir. (2019). Deskripsi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi perbandingan ditinjau dari gaya belajar siswa. Issues in Mathematics Education. 3(1), 30-38.

Hayati, L., Amrullah., & Sripatmi. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal materi statistika matematika. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram Mataram, 11–12.

Muslim, S. S., Prayitno, S. & Salsabila, N. H. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang ditinjau dari gaya belajar siswa di SMPN 7 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295-303.

Nabilah, Amrullah, Lulluilmaknun, U., & Sripatmi. (2023). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 185-191.

Nurdiana, E., Sarjana, K. & Turmuzi, M. (2021). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 202–211.

Patmawati, S. (2019). Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas VII. Naskah Publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Prayogi, G. E., Sripatmi, & Turmuzi, M. (2021). Kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 19 Mataram tahun ajaran 2020/2021 dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan ditinjau dari prestasi belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 481–489.

Rosalina, V. A., Gembong, S., & Maharani, S. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah deret geometri berdasarkan gaya belajar siswa. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 257-266.

Rosanggreni, B. Y., Sugiarti, T., & Yudianto, E. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Kadikma, 9(1), 61-69.

Sari, P. P., Hasbi, M., & Umam, K. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut Newman dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aljabar kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 81–90.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan matematika universitas bung hatta. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 128–132.

Winarti, D., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2016). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan gaya belajar pada materi pecahan di SMP. Jurnal PINUS, 1(2), 1-9.

Yamin, M., Triutami, T. W., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel terhadap Efikasi Diri Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 88-96.

Yofita, A., Rahmi, & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 42-56.

License

Copyright (c) 2023 Fifin Asmaliyah, Sripatmi, Nilza Humaira Salsabila, Arjudin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).