Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Trigonometri Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa

Authors

Widiami Sayidah , Sri Subarinah , Nurul Hikmah , Baidowi Baidowi

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3039

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Matematis, Trigonometri, Kepercayaan Diri.

Articles

Downloads

How to Cite

Sayidah, W. ., Subarinah, S. ., Hikmah, N. ., & Baidowi, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Trigonometri Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 18–25. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3039

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang penting dimiliki siswa serta harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Kepercayaan diri merupakan faktor penting terhadap pemahaman matematis seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematispada materi trigonometri dengan tingkat kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas XI SMAN 1 Terara. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrument tes yang digunakan berupa angket kepercayaan diri, tes kemampuan pemahaman matematis, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian mennjukkan bahwa siswa demgan tingkat kepercayaan diri tinggi mampu menyelesaikan 6 dari 7 indikator kemampuan pemahaman matematis dengan benar dan lengkap sehingga siswa tersebut masuk dalam kategori kemampuan pemahaman matematis tinggi. Siswa dengan tingkat kepercayaan diri sedang hanya mampu menyelesaikan satu indikator kemampuan pemahaman matematis dengan benar dan lengkap. Sedangkan pada 6 indikator lainnya, siswa sudah mampu menyelesaikan indikator-indikator tersebut, akan tetapi belum sepenuhnya atau belum lengkap sehingga siswa tersebut masuk dalam katgori kemampuan pemahaman matematis sedang. Siswa dengan tingkat kepercayaan diri rendah hanya mampu menyelesaikan 1 dari 7 indikator pemahaman matematis sehingga siswa tersebut masuk dalam kategori kemampuan pemahaman matematis rendah. Sehingga di dapatkan bahwa, siswa dengan kepercan diri tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi, siswa dengan kepercan diri sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang, dan siswa dengan kepercan diri rendah memiliki kemampuan pemahaman matematis rendah.

References

Ahmad, F., Turmuzi, M., Junaidi, & Baidowi. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Spldv ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Reaserch, 5(1), 127-136. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2799.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Dewi, P. S. I. Y., Kurnia, N., & Wahidaturrahmi. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Pemahaman Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2): 122-131. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.41.

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemahaman matematik Siswa SMP. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(1), 1-7.10.24269/js.v3i1.936.

Erayani, F. N., Sridana N., Arjudin, Baidowi. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c): 1875-1884.https:/doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.845.

Fauziah, A. A., & Pertiwi, C. M., (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas X SMA Negeri 6 Cimahi. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 759-770.

Hendrina, H., & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : Reflika Aditama.

Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(2).10.36226/jrmb.v2i2.47 .

Kase, J. S., Babys, U., & Gella, N. J. M. (2022) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence. Edusience : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2). 135-140.

Lestari, I., Prayitno, S., Baidowi, & Sripatmi. (2023). Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Reaserch, 5(1), 65-74. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2639.

Nuraeni, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis dan tingkat kepercayaan diri pada siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 975-983.http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983.

Nurfajriyanti, I., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594-2603.https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.797

Nurhandita, N., Marniati, M., & Farman, F. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa dalam Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 202-212.http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9845.

Praja, E. S., Setiyani., Kurniasih, L., & Ferdiansyah, F. (2021). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smk kelas xi pada materi vektor selama pandemi covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 12–24. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4539.

Prayitno, Sudi. (2019). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Parama Publishing.

Rosmawati. R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dtinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1),275-290.

Saputra, Y. P., Baidowi, Wulandari, N. P., Hikmah, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Journal of Classroom Action Reaserch, 5(1), 85-94. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2800.

Sari, S. F., Amrullah, Kurniati, N., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Teori SKEMP Materi Segi Empat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4): 2060-2070. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.873.

Suhandri, (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP/MTs Dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. JPPM(Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9 (2), 240-249.http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1003.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung : CV Alfabeta.

License

Copyright (c) 2023 Widiami Sayidah, Sri Subarinah, Nurul Hikmah, Baidowi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).