Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema: keunikan Daerah Tempat Tinggalku Siswa

Authors

Muhammad Isra , Muhammad Tahir , Moh. Irawan Zain , Siti Istiningsih

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3139

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Faktor Penghambat, Gerakan Literasi, Baca tulis.

Articles

Downloads

How to Cite

Isra, M. ., Tahir, M. ., Zain, M. I. ., & Istiningsih, S. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema: keunikan Daerah Tempat Tinggalku Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 188–192. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3139

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan disekolah belum tersedianya bahan ajar berbasis kearifan lokal. Untuk meningkatkan wawasan dan pengalaman siswa yang sesuai dengan daerah tempat tinggal siswa, maka dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai berbasis kearifan lokal daerah siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan bahan ajar (Buku Ajar) berbasis kearifan lokal tema keunikan daerah tempat tinggalku pada pembelajaran 2 untuk siswa kelas IV di SDN 03 Inpres Tawali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model 4-D. yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Inpres Tawali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan pre-test dan post-test. Data Angket validasi ahli materi, ahli media dan respon siswa aka di analisis untuk mengukur tingkat kelayakan bahan ajar berbasis kearifan lokal dengan menggunakan rumus kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian dari validator ahli materi diperoleh mencapai 96% dikategorikan sangat baik, penilaian dari ahli media di peroleh mencapai  80% dikategorikan sangat  baik. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok kecil yaitu siswa kelas IV memperoleh nilai presentase 93%. Artinya hasil keseluruhan penilaian menunjukan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal  dinyatakan sangat layak atau valid untuk digunakan.

References

Andi Prastowo. (2015:28) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Depdiknas. (2017:1). Kurikulum Tingkat Satuab Pendidikan (KTSP). Jakarta: BSNP.

Dwitagama, (Ahmadi: 2012:1). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya.

Hamalik, Oemar. (2013). “Kurikulum dan Pembelajaranâ€. Jakarta:Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Daerah Tempat Tinggalku Buku Guru Tematik Terpadu 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Budaya.

Koen Cakraningrat. (2004). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kyriacou. (2019) Efektive Teaching Theory and Praktive, Penerjemah: M. Khozim. Bandung: Nusa Media.

Laksana, D. N. L., Kurniawan, P. A. W., & Niftalia, I. (2016). “Pengembangan bahan ajar tematik SD kelas IV berbasis kearifan lokal masyarakat Ngadaâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1-10.

Lukluah, Ulfi. (2016). “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam & Kearifan Lokal Kelas IV MIN Bancong & MIS Alfalah Dimongâ€, Tesis, PGMI UIN Malang, 2016, hlm. 64.

Pannen. (2001:30). Penulisan Bahan Ajar, Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sudjana. (2013). Metode Statistika. Bandung:Tarsito.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm. 407

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Penelitian Pendidikan. (Bandung: Alfabeta), hlm. 162.

Sungkono. (2014:99). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pemebelajaran. Yogjakarta. FIP UNY.

Sutirjo dan Mamat. (2014:80). Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum. Malang: Bayumedia Publishing.

Trianto. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif. Jakarta:Kencana.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. (JakartaKencana Prenanda Grup), hlm.189

License

Copyright (c) 2023 Muhammad Isra, Muhammad Tahir, Moh. Irawan Zain, Siti Istiningsih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).