Hubungan antara Pemanfaatan Laboratorium dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi

Authors

Melenia Lestari Putri , Mahrus , I Wayan Merta , Dewa Ayu Citra Rasmi

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3315

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Laboratorium, Hasil Belajar Biologi, Siswa

Articles

Downloads

How to Cite

Putri, M. L. ., Mahrus, Merta, I. W. ., & Rasmi, D. A. C. . (2023). Hubungan antara Pemanfaatan Laboratorium dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 193–197. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3315

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan laboratorium dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN se-Kota Praya. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survey. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pemanfaatan laboratorium dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPA di SMAN se-Kota Praya yang berjumlah 641 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sebanyak 10%. Sehingga sampel penelitian didapatkan berjumlah 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik uji korelasi product moment dengan melakukan uji prasyarat seperti uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung 0,425 lebih besar dari r tabel 0,244. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat hubungan positif sedang antara pemanfaatan laboratorium dengan hasil belajar  siswa pada mata pelajaran biologi di SMAN se-Kota Praya

References

Anita, C. S., & Aida, F. S. (2021). Analisis Sarana Dan Prasarana Laboratorium Biologi Dan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Biologi Dalam Mendukung Pembelajaran Biologi Kelas XI. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 109-115.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djeramah dan Syaiful. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Riandari, H. (2005). Biologi 1. Solo: Wangsa Jarta Lestari.

Santosa, P. (2018). Mahir Praktikum Biologi. Yogyakarta: CV Budi Utama

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Permatasari, D. R., & Zulkifli, L. (2022). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Karakter Peduli Lingkungan Dengan Hasil Belajar Biologi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 134-140.

Sundari, R. (2008). Evaluasi pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran biologi di Madrasah Aliyah Negeri Sekabupaten Sleman. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 12(2).

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Artayasa, I. P., Marlina, D., Sipayung, D. A. S., & Fitriatunisyah, F. (2021). Praktikum Biologi Selama Pembelajaran Online: Minat Mahasiswa dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Proses Sains. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 389-401.

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 16-22.

Fitria, A. S., Ramdani, A., & Hadiprayitno, G. (2023). Keefektifan Pelaksanaan E-Learning Pada Mata Pelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 265-270.

Sari, F. W. P., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 117-122.

Ernawati, T., & Susanti, S. (2022, December). Skill manajemen laboratorium: sebuah perspektif bagi mahasiswa pendidikan ipa. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas (Vol. 1, No. 1, pp. 787-799).

License

Copyright (c) 2023 Melenia Lestari Putri, Mahrus, I Wayan Merta, Dewa Ayu Citra Rasmi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).