Ethnocivic: Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak sebagai Sumber Belajar PPKn Sekolah Menengah Atas Kelas XII

Authors

Lalu Sumardi , Mohamad Mustari , Edy Herianto , Ahmad Fauzan , Edy Kurniawansyah

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.2289

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Kearifan lokal, Suku Sasak, Sumber belajar, PPKn

Articles

Downloads

How to Cite

Sumardi, L., Mustari, M. ., Herianto, E. ., Fauzan, A. ., & Kurniawansyah, E. . (2023). Ethnocivic: Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak sebagai Sumber Belajar PPKn Sekolah Menengah Atas Kelas XII . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 237–242. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2289

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Masyarakat Sasak sangat kaya dengan kearifan lokal baik berupa pengetahuan, kepercayaan, persepsi, ataupun adat istiadat. Di sektor pendidikan kearifan lokal Sasak dapat menjadi instrumen untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya menjadi sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengkategorisasi, dan memadankan kearifan lokal Sasak yang relevan menjadi sumber belajar PPKn SMU Kelas XII . Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan naturalistik dengan jenis penelitian etnograpi. Sumber data penelitian ini adalah para tokoh adat, tokoh masyarakat, dan pelaku budaya Sasak, serta dokumen. Informan penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik bola salju (snowball sampling) dimana penentuan informan dimulai dari informan kunci dan terus bergulir sampai data dirasa cukup. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara terbuka dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara dan teknik dekumentasi dengan  instrumen lembar catatan dokemen. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif tiga tahap dari Miles, Huberman, & Saldana, yaitu; kondensasi data, display data, dan penarikan simpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan semua PB PPKn Kelas XII inline dengan kearifan lokal Sasak. Banyak kearifan lokal Sasak yang relevan menjadi sumber belajar PPKn Kelas XII. Berkaitan dengan bentuk  relevansi ada 2 bentuk relevansi kearifan lokal Sasak dengan materi PPKn Kelas XII, yaitu; relevansi substantif dan relevansi valuatif.

References

Alkusairi. (2017). “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Sasakâ€. Disertasi. Pascasarjana UNY. Yogyakarta.

Atabik, A. (2014). Teori Kebenaran Perspektif Filsafat Ilmu: Sebuah Kerangka untuk Memahami Konstruksi Pengetahuan Agama. Fikrah, 2(1), 253-271.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomi of educational objective. David McKay Company, Inc.

Boholano, H. B. (2017). Smart social networking: 21st century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(1), 21-29. https://doi.org/10.17810/2015.45

Darmadi, H. (2007). Dasar konsep pendidikan moral. Bandung: Alfabeda.

Djuwita, W. (2011). Psikologi Perkembangan: Stimulasi Aspek Perkembangan Anak dan Nilai Kearifan Lokal Melalui PermaiananTradisional Sasak. LKIM Mataram.

Fadli, A., & Irwanto. (2020). The Effect of Local Wisdom-Based ELSII Learning Model on the Problem Solving and Communication Skills of Pre-Service Islamic Teachers. International Journal of Instruction, 13(1), 731-746. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13147a

Villafane. (2016). Exploring a measure of science attitude for different groups of students enrolled in introductory college chemistry. Chemistry Education Research and Practice.

Hill, M. A., Overton, T. L., Thompson, C. D., Kitson, R. R. A., & Coppo, P. (2019). Undergraduate recognition of curiculum-related skill development and the skills employers are seeking. Chemistry Education Research and Practice, 20(1), 68-84. https://doi.org/10.12973/10.139/c8rp00105g.

Latif, Y. (2013). Soekarno sebagai Penggali Pancasila. Prisma: Majalah Pemikiran Sosial Ekonomi, 32(2 &3), 17-42.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methodes sourcebook. SAGE Publicationa, Inc.

Singh, I. S. (2016). Effect of ethnochemsitry practice on secondary schools structure attitude toward chemistry. Journal of Education and Practice, 7(17)

Slavin, R. E. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice. Allyn and Bacon.

Somantri, N. (1976). Metode mengajar Civic. Jakarta: Erlangga.

Sumardi, L. (2014). Telaah Rencana Program Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Di Kota Mataram. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, VII(2), 310-324.

Sumardi, L. (2019). Social Mobility and New Form of Social Stratification: Study in Sasak Tribe, Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 708-712.

Sumardi, L. dan Wahyudiati, D. (2020). Using local wisdom to foster community resilience during the Covid-19 pandemic: A study in the Sasak community, Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 556, 122-127.

Sumardi, L. (2020). Nasionalisme Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar di Mataram. Disertasi. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumardi, L., Ismail, M., Rispawati, & Wahyudiati, D. (2022). Beguru: An Ethno-education of Sasak, Indonesia (Exploring The Principles of Learning Processes & Evaluation). Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 114-121. http://jiecr.org/10.46843/jiecr.v3i2.77

Sumarto. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologiâ€. Jurnal Literasiologi, 1(2), 144-159.

Sumiati, dkk. (2022). Pembelajaran Beroutput Poster dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Paedagoria, 2, 155-165.

Sunarso. (2009). Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia dari rezim ke rezim. Jurnal Humanika, 9(1)-78-85.

Sutrisno,H., Wahyudiati, D., & Louise, I. S.Y. (2020). Ethnochemistry in the Chemistry Curriculum in Higher Education: Exploring Chemistry Learning Resources in Sasak Local Wisdom. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7833-7842. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082572

Villafane. (2016). Exploring a measure of science attitude for different groups of students enrolled in introductory college chemistry. Chemistry Education Research and Practice.

Wahab, A. A. (2004). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Modul 1-6. Jakarta: Depdiknas.

Wahyudiati, D. (2020). Pengembangan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi kearifan lokal Sasak pada pembelajaran kimia untuk keterampilan proses sains, sikap ilmiah, dan prestasi kognitif mahasiswa. Disertasi. Program Pascasarjana UNY. Yohyakarta.

Wahyudiati, D. (2021). Ethnochemistry: Analisis Relevansi Materi Sistem Periodik Unsur dengan Kearifan Lokal Sasak. SPIN: Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 3(2), 190-199.

Author Biography

Lalu Sumardi, University of Mataram

License

Copyright (c) 2023 Lalu Sumardi, Mohamad Mustari, Edy Herianto, Ahmad Fauzan, Edy Kurniawansyah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).