Analisis Jenis-Jenis Kesulitan dalam Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa

Authors

Nur Istiqoma , Lalu Hamdian Affandi , Baiq Niswatul Khair

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3175

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Kesulitan membaca, Kesulitan menulis permulaan, SDN Rato.

Articles

Downloads

How to Cite

Istiqoma, N. ., Affandi, L. H., & Khair, B. N. . (2023). Analisis Jenis-Jenis Kesulitan dalam Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 12–17. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3175

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan dalam membaca permulaan dan jenis-jenis kesulitan dalam menulis permulaan pada siswa kelas II SDN Rato tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumantasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN Rato tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 8 siswa dan 12 siswi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, display dan verifikasi data, keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik dan tersedianya referensi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Dimensi siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan yaitu tidak lancar dalam membaca, banyak kesalahan ketika membaca, sulit membedakan huruf yang mirip, memiliki kekurangan dalam memori visual, dan tidak mampu memahami symbol bunyi; 2) Dimensi siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis yaitu tulisan tidak terbaca, lambat dalam menulis, huruf hilang atau terbalik, dan kesalahan dalam memegang pensil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menciptakan suasana belajar yang kreatif dan kondusif serta melakukan tes membaca pada siswa kelas II SDN Rato, dengan bacaan suku kata yang disediakan oleh peneliti memudahkan siswa bisa membaca dengan baik dan tes menulis pada siswa kelas II SDN Rato dengan tes menulis kalimat sederhana dengan menggunakan huruf kapital dan tanda titik secara tepat, sangat memudahkan siswa dalam hal menulis dengan baik dan benar.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Fauziah, H. (2018). Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas i mi. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173-184.

Hadis, A., & Nurhayati, B. (2012). Manajemen mutu pendidikan.

Hasni, L., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Kelas IV MI Darul Hikmah Darek. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 60-66.

Ihsanda, B. A., Darmiany., & Khair, B. N. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 27-34.

Kodir, A. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia..

Materi, D. M. P. D. S., & Bangun, P. (2006). Abdurrahman, Mulyono, Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2012. Al-Maraghi, Ahmad Musthofa, Terjemah Tafsir Al-Maraghi, Semarang: PT. Karya Toha Putra, 1992. Education, 7(1&2).

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas awal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 30-42.

Mumpuni, A., & Afifah, N. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 73-80.

Nurfaujiah., Dewi, N. K., & Khair, B. N. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Cepat Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 245-250.

Pranoto,Naning. (2015). Seni menulis Cerita Pendek. Jakarta Timur: Opuss Agrapana Mandiri.

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis keterampilan membaca permulaan siswa Sekolah Dasar: studi kasus pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1-8.

Rosanti. (2021). Studi deskriptif jenis-jenis kesulitan belajar membaca.

Rusman, R. (2015). Pembelajaran tematik terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soleha, R. S., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58-62.

Sudjana, N. (1996). Pembinaan dan pengembangan kurikulum di sekolah, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M., & Sudana, D. N. (2017). Penerapan media gambar dan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan. International Journal of Elementary Education, 1(1), 1-10.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Yusuf, M. (2003). Pendidikan bagi anak dengan problema belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

License

Copyright (c) 2023 Nur Istiqoma, Lalu Hamdian Affandi, Baiq Niswatul Khair

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).