Pengembangan Permainan Kartu Huruf Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak

Authors

Mazaya Aprila Harly , Nurhasanah , I Made Suwasa Astawa , Fahruddin

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3219

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Kartu huruf bergambar, Keterampilan membaca permulaan, Permainan

Articles

Downloads

How to Cite

Harly, M. A. ., Nurhasanah, Astawa, I. M. S. ., & Fahruddin. (2023). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 137–142. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3219

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan kartu huruf bergambar guna meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Subjek dari penelitian ini 20 anak kelompok B dengan usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah Permainan kartu huruf bergambar yang terdiri dari kain flanel panjang berisi tali panjang dan 3 kantong kain (masing-masing kantong berisi kartu huruf, penjepit dan kartu gambar) dengan tahapan yakni Tahap Pengembangan, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (persiapan permainan, kegiatan main, dan akhir permainan), observasi, analisis pengembangan dan kesimpulan, dimana dari beberapa tahapan tersebut dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak. Hal ini ditunjukkan pada hasil persentase yang diperoleh yaitu 38% pada tahap pengembangan I menjadi 63% pada tahap pengembangan II dan pada tahap pengembangan III capaian keterampilan membaca anak memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata yaitu 87% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan kartu huruf bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak kelompok B di TK Al-Ma’mun Mapak Indah Mataram dan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak khususnya keterampilan membaca permulaan anak.

References

Baharun, H., Zamroni, A., & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382-1395.

Damayanti, E., Nurhasanah, N., Nurafia, N., & Kamal, E. E. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 10-24.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Fitriana, F., Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2022). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Kecerdasan Linguistik Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 78-82.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Insani, L. P. Z., Astawa, I. M. S., & Rachmayani, I. (2023). Pengembangan Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 48-55.

Muazimah, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui permainan tradisional tarik upih dalam meningkatkan motorik kasar anak. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 70-76.

Musi, M. A., Sadaruddin, S., & Mulyadi, M. (2018). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117-128.

Nurhasanah, N., Astini, B. N., Fahruddin, F., & Nengsi, Y. P. (2021). Pengembangan Metode Mendongeng Menggunakan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B di TK Rinjani Unram Tahun Pelajaran 2020/2021. Indonesian Journal Of Elementary And Childhood Education, 2(3), 279-286.

Nurhasanah, N., Rahayu, D. I., & Aulia, B. N. R. (2020, June). Mengembangkan Alat Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 4 â ⬠â 5 Tahun Di PAUD Mutiara Hati. In Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram (Vol. 1, No. 1, pp. 105-112).

Nurhasanah. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Mataram: Arga Puji Press.

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51-62.

Pertiwi, A. D. (2016). Study deskriptif proses membaca permulaan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Rahmawati, T., Nurhasanah., Habibi, M. M., & Suarta, I. N. (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) PAHIBU Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 163-170.

Sari, I. K., Jaelani, A. K., Fahruddin., & Rachmayani, I. (2023). Pemetaan Gaya Mengajar Guru Dalam Perkembangan Bahasa Keaksaraan Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 95-100.

Setiyawati, A., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2021). Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Daring di Masa COVID-19. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

License

Copyright (c) 2023 Mazaya Aprila Harly, Nurhasanah, I Made Suwasa Astawa, Fahruddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).