Pengaruh Model Fan-N-Pick Berbantuan Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Blembem 1 Ponorogo
DOI:
10.29303/jcar.v7i1.10266Published:
2025-03-02Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025Keywords:
Fan-N-Pick, Video, Motivasi, Hasil Belajar, Sekolah DasarArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Fokus utama guru dalam proses pembelajaran termasuk di sekolah dasar adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan keberhasilan siswa. Begitu juga hasil belajar dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Fan-N-Pick berbantuan video pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Blembem 1 tahun ajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design) menggunakan model penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Instrumen penelitian ini menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar kognitif. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji independent t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Fan-N-Pick berbantuan video berpengaruh terhadap motivasi siswa dengan hasil independent t test diperoleh nilai Asymp sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Model pembelajaran Fan-N-Pick berbantuan video juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan hasil independent t test diperoleh nilai Asymp sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05.
References
Andini, A., Sukardi., & Wahidah, A. (2024). Merdeka Belajar: Pengaruh Implementasi Pembelajaran P5 Terhadap Sikap Mandiri Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 584-591. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8405
Chyalutfa, U., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82-86.
Erlita, V.D., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2019). Pengaruh Strategi Fan-N-Pick terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), 726-730. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12483
Estiana, R., Widyaningrum, A., & Wijayanti, A. (2023). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran Audio Visual Tema 7 Subtema 2 Kelas V SDN 2 Pengkolrejo Kabupaten Blora. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1604 - 1616. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1730
Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387
Frianto, Soetjipto, B.E., & Amirudin, A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model Team Game Tournament and Fan N Pick To Enhance Motivation and Social Studies Learning Outcomes. 21(5), 74-81. DOI: 10.9790/0837-2105077481
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19.Indonesian Journal of Teacher Education,2(1), 226-235.
Hikmawati, R., & Yonanda, D.A. (2022). KETERKAITAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Mirabilis: Journal of Biology Education, 1(2), 22-27. https://doi.org/10.56916/jm.v1i2.291
Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan Cooperative Learning. Co-Operative Learning, 528.
Kanigara, R.R., Dewi, A.D., & Furnamasari, Y.P. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fan N Pick pada Pembelajaran PKN Di Sekolah Dasar. Action Research Literate, 4(1). https://doi.org/10.46799/arl.v4i1.3
Marliani, L. P. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 125-133. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.802
Nugrahwati, S., & Sintawati, M. (2021). Fan-N-Pick: Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengurangi Kecemasan Matematika. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 187–196. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4056
Pamungkas, W.A.D., & Koeswanti, H.D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Pratiwi, A., Hikmah, F., Adiansha, A.A., & Suciyati (2021). Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Rostini, R., & Ruhyadi, S.G. (2021). Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Tingkat MI/SD. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 1-13.
Saputra, D.T., Kartika, R.C., & Sumardjoko, B. (2024). Perubahan Paradigma Guru Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 33(1), 469-476.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suparman, S., & Junaidin, J. (2023). Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3950–3958. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6469
Thasya, K., & Tangkin, W. P. (2023). Penggunaan Video Pembelajaran sebagai Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VI SD. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(1), 110-119. https://doi.org/10.51212/jdp.v16i1.173
Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906–1913. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166
Yanto, I., Maritasari, D. B., Hadi, Y. A., Hardiana, B. N., & Khotimah, H. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 6(4). https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/8482
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299
Author Biographies
Krisnia Rima Puspita, Program Magister Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka
Mustaji, Universitas Terbuka, Indonesia
Benny Agus Pribadi, Universitas Terbuka, Indonesia
License
Copyright (c) 2025 Krisnia Rima Puspita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).