Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik

Authors

Indra Yanto , Donna Boedi Maritasari , Yul Alfian Hadi , Baiq Nurlaela Hardiana , Husnul Khotimah , Nurfaujiah

Published:

2024-11-11

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Kurikulum Merdeka , Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila

Articles

How to Cite

Yanto, I., Donna Boedi Maritasari, Yul Alfian Hadi, Baiq Nurlaela Hardiana, Husnul Khotimah, & Nurfaujiah. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 6(4). Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/8482

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Karakter siswa perlu ditingkatkan lagi. Hal ini dapat dilihat terkait banyakna kasus terkait dengan karakter siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak implementasi Profil Pelajar Pancasila terhadap pendidikan karakter pada peserta didik di SDN 2 Sekarteja. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila memiliki dampak positif terhadap pendidikan karakter peserta didik. Sebelum menerapkan profil pelajar pancasila peserta didik masih acuh tak acuh dalam bekerja sama, tidak berani berpendapat, dan tidak melakukan pembiasaan keagamaan seperti berdoa, shalat dhuha dan lain sebagainya, namun sejalan dengan penerapan profil pelajar pancasila peningkatan karakter peserta didik semakin meningkat dimana sikap kerja sama, berani berpendapat serta rutin melaksanakan pembiasaan shalat dhuha dan berdoa sebelum memulai pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga peningkatan karakter peserta didik dalam dimensi, beriman dan bertakqwa kepa Tuhan Yang Maha Esa, gotong royong, berkebhinekaan tunggal ika, mandiri, bernalar kritis dan kreatif dapat terbentuk.

References

Alimuddin, j. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar implementation of kurikulum merdeka in elementary scholl. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.

Annisa, F., Karmelia, M., Tiara Maulia, S., Jambi, U., Raya Jambi -Ma Bulian, J. K., & Indah, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Inovatif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa. Journal on Education, 05(04).

Delima Kiska, N., Rizani Putri, C., Joydiana, M., Annisa Oktarizka, D., Maharani, S., Jambi Jl Muaro Bulian mendelo barat, U., & kab Muaro jambi, jambi. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 4179–4188.

Dyahningtyas, A. A. S., & Muthmainah, M. (2023). Proyek Karnaval HUT Republik Indonesia sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2024–2036. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4075

Keguruan, J. P., Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, D. M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Ningsih, T. (t.t.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. www.stainpress.com

Ningsih, W. W., & Sofiana, N. (2023). Implementasi habituasi profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter siswa: faktor pendukung dan penghambat. Jurnal inovasi pendidikan, 1, 156–172. https://edukhasi.org/index.php/jip

Penelitian, D., & Subandi, P. (t.t.). DESKRIPSI KUALITATIF SEBAGAI SATU METODE.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.323

Rifqi Hamzah, M., & PGRI Wiranegara Yuniar Mujiwati, U. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04).

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sudrajat, A. (t.t.). Mengapa pendidikan karakter?

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082

Susilawati, C. W. O. O., Anggrayni, M., & Kustina, I. (2023). Pengembangan Modul P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Fase B Tema Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3, 9799–9812.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Author Biographies

Indra Yanto, Universitas Hamzanwadi

Donna Boedi Maritasari, Universitas Hamzanwadi

Yul Alfian Hadi, Universitas Hamzanwadi

Baiq Nurlaela Hardiana, Universitas Hamzanwadi

Husnul Khotimah, Universitas Hamzanwadi

Nurfaujiah, Universitas Hamzanwadi

License

Copyright (c) 2024 Indra Yanto, Donna Boedi Maritasari, Yul Alfian Hadi, Baiq Nurlaela Hardiana, Husnul Khotimah, Nurfaujiah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).