Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Penguasaan Konsep Biologi
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.3330Published:
2024-11-06Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Canva, Media Pembelajaran, Penguasaan KonsepArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal yang membuat proses dalam pembelajaran lebih mudah dalam memahami materi dan tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran biologi sangat memerlukan media pembelajaran dalam proses mengajar, hal ini disebabkan karena materi biologi bersifat abstrak, sehingga hal itu untuk menyesuaikan dengan kapasitas kognitif siswa yang masih bersifat operasional-konkret. Pembelajaran biologi di MAN 1 Lombok Tengah jarang menggunakan media pembelajaran termasuk media berbasis Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi berbasis aplikasi Canva terhadap penguasaan konsep biologi kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan non-equivalalent control group design Populasi siswa yaitu seluruh kelas X yang terdiri atas 5 kelas dengan total siswa berjumlah 203 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dalam hal ini didapatkan kelas X4 sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep biologi siswa adalah tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 23 soal. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Anacova dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Hasil penelitian penguasaan konsep diperoleh nilai Sig. (α) = 0,016 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi berbasis aplikasi Canva berpengaruh terhadap penguasaan konsep biologi siswa.
References
Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. 4(1). 50-58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72
Amini, S.K., & Pujiharti, Y. (2021). Pengembangan Canva Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMP Pondok Pesantren Tholabie Malang. Economic & Education Journal. 3(2). 204-217. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/ecoducation
Astuti, L.S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif. 7(1). 40-48. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1293/0
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research. 1(2). 1-17. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/938
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia. 12(1). 136-151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Ikbal, M., Heffi, A., & Yuni, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Transkripsi dan Translasi untuk Mata Kuliah Genetika. Journal of Biological Science and Education. 2(1). 36-46. https://www.neliti.com/id/publications/380131/pengembangan-media-pembelajaran-berbasis-android-pada-materi-transkripsi-dan-tra
Indy, R., Fonny, J.W., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Social Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Sosial dan Budaya. 12(4). 1-18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Isnaini, K.N., Dina, F.S., & Zezya, R.K.P. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 5(1). 291-295. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 3(2). 166-182. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/8019
Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Laksana: Yogyakarta.
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication and Technology. Jurnal Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora. 7(2). 80-89. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/3000
Kurnia, I. R., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma. 9(3). 1357-1363. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/5579
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran). Journal of Public Policy and Administration Silampari. 2(2). 80-90. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/3000
Marhaeni, N.H., & Wulaningtyas, M.E. (2021). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Konferensi Pendidikan Nasional. 3(2). 173-179. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/2810
Mea, F. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis. Inculco Journal Of Christian Education. 4(3). 252-275. https://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/article/view/190
Muriani, A.S. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Genetika Dengan Media Kancing Menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 8(1). 13-26. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/3855
Ningrum, S. K., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 8(2). 1500-1511. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7432
Paramitha, M., Fadllah, S., & Sari, M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal BIOEDUIN. 13(2). 58-68. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/bioeduin/article/view/21203
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 12(2). 317-327. https://eprints.unm.ac.id/19185/
Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5(1). 129-136. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/24151
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
Sapriyah, S. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2(1). 470-477. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5798
Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Multi Representasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu. 5(1). 195-205. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/614
Siswono, H. (2017). Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Physics Education Journal. 1(2). 83-90. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/momentum/article/view/1967
Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 1(2). 160-171. https://doi.org/10.36928/jipd.v1i2.266
Suprapti, S. (2021). Meningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi Dan Perubahannya Melalui Metode Proyek. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah. 1(2). 265-274. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/243
Tanjung, R.E., & Faiza, D. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2). 1-12. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wardana, M. A. W., Rizqina, A. A., Salsabilah, A. N., Handayani, D. A. P., Dewi, S. M., & Ulya, C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dengan Model Microblogging Sebagai Pembelajaran Teks Prosedur Tingkat SMP. Jurnal Nalar Pendidikan. 10(1). 71-79.
https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/71-79
Wulandari, T., & Adam, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. 2(1). 102-118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Yunarti, Y. (2017). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 11(2). 262-278. https://e-journal.metrouniv.ac.id/tarbawiyah/article/view/374
Yoni, E. (2020). Pentingnya Minat Baca Dalam Mendorong Kemajuan Dunia Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 7(1). 13-20. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/2237/1772
Author Biographies
Putri Cahyani, Universitas Mataram
Muhlis, Universitas Mataram
Syamsul Bahri, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Putri Cahyani, Muhlis, Syamsul Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).