Literasi Budaya dengan Penggunaan Padlet pada Perkuliahan Bahasa Indonesia sebagai Implementasi Karakter Cinta Tanah Air
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.5335Published:
2024-11-10Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Cinta Tanah Air, Literasi Budaya, PadletArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Karakter siswa di Indonesia perlu ditingkatkan lagi. Salah satu cara untuk meningkatkan karakter siswa adalah dengan literasi budaya. Literasi sangat diperlukan oleh mahasiswa, tidak hanya sebagai bekal ilmu, tetapi juga sebagai kebiasaan yang pada akhirnya berhubungan dengan keberhasilan seseorang dalam lingkungan masyarakat akademis sehingga dapat meraup kesuksesan dalam lingkungan sosial kelak nanti. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan literasi kebudayaan mahasiswa dengan penggunaan padlet serta persepsi mahasiswa tentang literasi budaya pada perkuliahan bahasa Indonesia sebagai implementasi cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pada MKWU Bahasa Indonesia di Undiksha. Objek penelitian ini adalah literasi budaya dengan penggunaan padlet pada perkuliahan bahasa Indonesia sebagai implementasi karakter cinta tanah air. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Literasi budaya dengan penggunaan padlet pada perkuliahan bahasa Indonesia mampu meningkatkan karakter cinta tanah air. Selama perkuliahan berlangsung, mahasiswa berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan keterampilan bahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan tema kebudayaan. Keterkaitan antara literasi kebudayaan dan cinta tanah air sangat mendalam
References
Alghozi, A. A., Salsabila, U. H., Sari, S. R., Astuti, R. T., & Sulistyowati, H. (2021). Penggunaan platform Padlet sebagai media pembelajaran daring pada perkuliahan teknologi pendidikan Islam di masa pandemi covid- 19. ANWARUL, 1(1), 137-152.
Ali, Aisyah M. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana, 2018.
Anderson, Benedict. (2006). Imagined Communities: Reflections on the Origin and Spread of Nationalism (Revised Edition). London: Verso.
Aneros, N. (2020). Japanese Learners Perception of Using Padlet in Japanese Composition (Sakubun) Skills. 509 (Icollite), 499–505.
Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289.
Freire, Paulo. (1998). Pedagogy of Freedom: Ethics, Democracy, and Civic Courage. Lanham, MD: Rowman & Littlefield.
Gulo, T. O. N., Lase, B. P., Harefa, H. O. N., & Harefa, A. T. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan Melalui Literasi Budaya di UPTD SMP Negeri 2 Lahomi Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3324-3331.
Hamid, S., & Nordin, N. (2020). The Effectiveness of Padlet as a Collaborative Learning Tool in Higher Education. Journal of Educational Technology Systems, 48(1), 34-45.
Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095.
Handayani, N. F., Yuniar, S. R., Dari, T. W., & Caroline, A. F. (2023). Pentingnya Penerapan Rasa Cinta Tanah Air Bagi Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 5, 2257-2264.
Hofstede, Geert, & Hofstede, Gert Jan. (2005). Cultures and Organizations: Software of the Mind (2nd ed.). New York: McGraw-Hill.
Komalasari, S., & Yuliani, T. (2020, September). Pengembangan kepribadian mahasiswa untuk era 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Milleneial 5.0 Fakultas Psikologi Umby.
Megawangi, Ratna. 2020. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.
Mulyasa, E. (2015). Pendidikan Berbasis Budaya dan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nursalam, M Rais Salim, dkk. 2023. Digitalisasi Pembelajaran Menulis Paragraf Berbasis Media Padlet pada Kelas Perkuliahan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (Dec. 2023), 329—339.
Peraturan Presiden (Perpress) Nomor 87 Tahun 2017 mengenai Penguatan Pandidikan Karakter (PPK).
Poernamawatie, F., & Winarni, Y. 2021. PkM Pada Anak Usia Sekolah Dasar: Mengembangkan Budaya Literasi di Lingkungan Tawang Brak Desa Tawangsari, Kec. Garum Kab. Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 23-29.
Pratiwi, Scundy N., Cari Cari, and Nonoh Siti Aminah. "Pembelajaran IPA abad dengan literasi sains siswa." Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika 9.1 (2019): 34-42.
Said, Edward W. (2004). Humanism and Democratic Criticism. New York: Columbia University Press.
Saripaini, S. 2021. Refleksi Aksiologi atas Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tradisi Keleleng di Desa Punggur Kecil: Refleksi Aksiologi atas Nilai- Nilai Pendidikan Karakter pada Tradisi Keleleng di Desa Punggur Kecil. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 51-60.
Sartika, Dewi. (2013). Pendidikan dan Kebudayaan: Membangun Generasi Cinta Tanah Air. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.
Yasir, J., Abd Halim, N. D., & Saidin, N. F. (2023). Kesediaan Penggunaan Google Meet dan Padlet sebagai Platform Bimbingan dalam Talian dalam Kalangan Guru Negeri Johor. Innovative Teaching and Learning Journal, 7(1), 51–74. https://doi.org/10.11113/itlj.v7.124
Yon, A. (2021). How Padlet Encouraged Student Collaboration and Engagement in My Virtual Classroom. Volume 10 Course Correction: The Adaptive Nature of English Language Arts.
Author Biographies
I Komang Sugi Partawan, Universitas Pendidikan Ganesha
Trifalah Nurhuda, Universitas Pendidikan Ganesha
Ni Kadek Yunita Melansari, Universitas Pendidikan Ganesha
Ni Nyoman Budiartini, Universitas Pendidikan Ganesha
License
Copyright (c) 2024 I Komang Sugi Partawan, Trifalah Nurhuda, Ni Kadek Yunita Melansari, Ni Nyoman Budiartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).