Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Materi Menjaga Kebersihan Diri (Kuku, Tangan, dan Rambut) pada Kelas I di Sekolah Dasar

Authors

Putri Az Zahrawaan , Husniati , Prayogi Dwina Angga

Published:

2024-11-11

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Buku, Cerita, Bergambar, Kebersihan Diri

Articles

How to Cite

Zahrawaan, P. A., Husniati, & Angga, P. D. (2024). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Materi Menjaga Kebersihan Diri (Kuku, Tangan, dan Rambut) pada Kelas I di Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 6(4). Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/5781

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku cerita bergambar yang berisi materi menjaga kebersihan diri, khususnya pada kebersihan kuku, tangan, dan rambut, serta untuk menguji kelayakan dan kepraktisan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Developmenth) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian pengembangan ini melibatkan seluruh siswa kelas I di SDN Montong Batu dengan jumlah 22 siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dan objek penelitian ini adalah media pembelajaran buku cerita bergambar. Hasil penelitian (1) penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan produk berupa media buku cerita bergambar melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi & evaluasi, pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menjaga kebersihan diri kelas I SDN Montong Batu, (2) media dinyatakan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media yang memiliki nilai persentase rata-rata 94% dengan kriteria sangat layak dan ahli materi yang memiliki nilai persentase rata-rata 98% dengan kategori sangat layak, dan (3) media dinilai praktis oleh siswa dan guru dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa, dengan hasil respon mencapai 100% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Media ini dapat menjadi alternatif bahan ajar yang efektif.

References

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95- 107.

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan

Matematika, 5(2), 40–50. https://doi.org/10.26594/JMPM.V5I2.2084

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994-1003.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, A. (2015). Studi Implementasi E-Government di Daerah Perbatasan. Jurnal Pekommas, 18(1), 1- 14.

Firdaus, S., Rachman, L., & Firmansyah, M. (2020). Analisa Faktor Pengaruh Selfregulated Learning Terkait Performance Goals Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Kedokteran Komunitas (Journal of Community Medicine, 8(2).

Henrico, V. A., Reid, K., & Kane, C. (2017). APRN- Led Culturally Tailored Diabetes Self- Management Education (DSME) for Spanish- Speaking Hispanic Americans (SSHAs) Lisa Tannenbaum Krieg.

Ibrahim, A. S., Khaled, H. M., Mikhail, N. N., Baraka, H., & Kamel, H. (2014). Cancer Incidence in Egypt: Result of the National Population Based Cancer Registry Program. Journal of Cancer Epideiology, 2014(1), 437971

Intan, T., Handayani, V. T., & Saefullah, N. H. (2021). Membangun Generasi Kritis Melalui Keterampilan Literasi Digital. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 89-94.

Kemenkes RI, K. R. (2016). Pedoman Umum: Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga.

Kemenkes, R. I. (2020). Pokok-Pokok Renstra Kemenkes 2020- 2024. Kemenkes RI.

Mahmudah, M., Yaunin, Y., & Lestari, Y. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual remaja di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(2).

Mawaddatin, P. F. (2015). Pengaruh Imaginative Pretend Play Dengan Media Video Animasi Pengetahuan dan Sikap Perilaku Hidup Bersih Sehat. The Sun, 2(1).

Proverawati, A., & Rahmawati, E. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.

Qomariyanti, N., Ermiana, I., & Husniati. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 178-184. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2818

Rahim, R., Siregar, R. F., Ramadhani, R., & Anisa, Y. (2022). Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SD Amalyatul Huda Medan. Jurnal

Abdidas, 3(3), 519–524. https://doi.org/10.31004/ABDIDAS.V3I3.621

Rahman, H., & La Patilaiya, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2),251-258.

Rayanto, Y. H., & Rusmawan, P. N. (2020). Model in Teaching and Developmental Research. Lembaga Academic & Research Institute.

Riset Kesehatan Dasar. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Roslina, A. (2017). Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Anak. Jurnal Pendidikan, 7(2), 145-155.

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 61-70. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1684

Sari, Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik IPA dengan Penanaman Nilai Budai Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 3(2), 129–142.

Sezer, O. B., Gudelek, M. U., & Ozbayoglu, A. M. (2020). Financial Series Forecasting with Deep Learning: A Systematic Literatur Review: 2005- 2019. Applied Soft Computing, 90, 106181.

Sudrajat, R., Irianingsih, I., & Krisnawan, D. (2017). Analysis of Data Mining Classification by Comparison of C4. 5 and ID Algorithms. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 166, No. 1, p. 012031). IOP Publishing.

Sumiran, S., Waston, W., Zamroni, Z., & Mahmudah, F. N. (2022, September). The Principal's Role in Improving the Quality: A Concepts Framework to Developing School Culture. In Frontiers in Education (Vol. 7, p. 854463). Frontiers Media SA.

Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) JIPD (Jurnal Inovasi

Pendidikan Dasar),1(2),160–171. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/266

Tanzeh, A. (2019). The Correlation Between Effectiveness Of School Quality Planning, Capacity Of Organizing Personal and Teacher Work Motivation. Mojem: Malaysian Online Journal of Educational Management, 7(4), 82-105.

Tarigan, S., Wiegand, K., & Slamet, B. (2018). Minimum Forest Cover Required For Sustainable Water Flow Regulation of A Watershed: a Case Study in Jambi Province, Indonesia. Hydrology and Earth System Sciences, 22(1), 581-594.

Widodo, K. (2021). Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Kecakapan Mendeskripsikan Perkembangan Teori Atom Bagi Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains,

(1), 57–63.https://doi.org/10.31571/SAINTEK.V10I1.2389

Author Biographies

Putri Az Zahrawaan, Universitas Mataram

Husniati, Universitas Mataram

Prayogi Dwina Angga, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Putri Az Zahrawaan, Husniati, Prayogi Dwina Angga

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).