Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Pelajaran Matematika

Authors

Miratunnisah , Darmiany , Iva Nurmawanti

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.7190

Published:

2024-11-06

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Media Pembelajaran, SDN 28 Cakranegara, Video Animasi

Articles

Downloads

How to Cite

Miratunnisah, Darmiany, & Nurmawanti, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Pelajaran Matematika . Journal of Classroom Action Research, 6(4), 822–829. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.7190

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video animasi pada pelajaran matematika kelas II SDN 28 Cakranegara yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Intrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar angket validasi ahli media dan ahli materi serta lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi masuk pada kriteria sangat valid dan praktis. Berdasarkan penilaian ahli media memperoleh presentase sebesar 90,3% dengan kriteria sangat valid dan ahli materi memperoleh presentase sebesar 96% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 97% dengan kriteria sangat praktis, respon siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh presentase sebesar 95,3% dengan kriteria sangat praktis dan respon guru memperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi memenuhi kriteria sangat valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49. doi: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Asih, L. K., Atikah, C., & Nulhakim, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 386-400. doi:https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1634

Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer. Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 8(1), 31-38. doi:https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7361

Gusmiarni, R., & Hidayat. (2021). Pengembangan Media Animasi Pada Pembelajaran Penjumlahan Dari Dua Bilangan Cacah Kelas II SD Swasta Cahaya Bunda Sei Rampah. Invention: Journal Research and Education Studies, 2(3), 22-29. doi: https://doi.org/10.51178/invention.v2i3.344

Hari, B. S. (2019). Mengenal Bangun Datar. Penerbit Duta.

Husain, J., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Kotak Kata dalam Pembelajaran Materi Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN 3 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 750-756. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.345

Ismawati, Y., Hartono, Y., & Destiniar. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 31 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 46-52. doi: https://doi.org/10.51517/nd.v4i1.103

Isti, L. A., Agustiningsih., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21-28. doi: https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28

Johar, A., Risdianto, E., & Indriyati, D. A. F. (2014). Perancangan dan Implemantasi Media Pembelajaran Berbasis Web pada Bidang Studi Bahasa Inggris di Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan Menggunakan PHP dan MYSQL. Jurnal Informatika, 2(1), 1-9. doi: https://doi.org/10.33369/rekursif.v2i1.299

Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316. doi:http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8585

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893-903.

Mulyani, A. A., Setiadi, E. M., & Nurbayani, S. (2023). Backward Design: Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(3), 798-808. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7766

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPK), 3(1), 101-109. Retrieved from https://www.academia.edu/download/97827538/pdf.pdf.

Putra, A. R. A., Lidinillah, D. A. M., & Nuryadin, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pemrograman Berbantuan Scratch Pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 911-920. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9517

Putri, M. Z. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Tema 9 Subtema 2 Siswa Kelas V SDIT Almadinah Dumai. (Unpublished master thesis). Universitas Islam Riau, Indonesia.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122847

Rizanti, W. N., Jufri, A. W. & Jamaluddin. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 114-120. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2931

Rz, R. I., Siburian, J., & Hamidah, A. (2022). Uji Kelayakan Panduan Praktikum Genetika Materi DNA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6 (1), 24-32. doi:https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.24-32

Sukmawaty., Hikmah, N., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 106-110. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3207

Sunarti, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Matematika Gasing di Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 29-38. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.263

Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. doi: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Umami, H., Karma, I. N., & Nurmawanti, I. (2023). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Kelas IV SD Islam AD Diinul Qayyim Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1511-1524. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9935

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147-156. doi:http://dx.doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1). doi:https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Yuberti. (2015). Peran Teknologi Pendidikan Islam pada Era Global. Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 137-148. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/akademika/article/view/439.

Yuliza, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di MTs Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Pendidikan (JURIP), 2 (1), 33-48. doi: https://doi.org/10.58222/jurip.v2i1.249

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zulfikar, M. A., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Segugus IV Sekabupaten Dompu. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 137-141. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1742

Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 3(1), 49-57. doi: https://doi.org/10.32528/gammath.v3i1.1093

Author Biographies

Miratunnisah, Universitas Mataram

Darmiany, Universitas Mataram

Iva Nurmawanti, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Miratunnisah, Darmiany, Iva Nurmawanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).