Analisis Kesulitan Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Authors

Linda Nardianti Sari , Nurhasanah , Muhammad Sobri

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.7681

Published:

2024-11-30

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Kesulitan Guru, Pendidikan Karakter, Upaya Guru

Articles

Downloads

How to Cite

Sari, L. N., Nurhasanah, & Sobri, M. (2024). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa Kelas V di Sekolah Dasar . Journal of Classroom Action Research, 6(4), 881–886. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.7681

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru dan upaya guru dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penanamkan nilai pendidikan karakter siswa kelas V di SDN 31 Cakranegara. Jenis penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas V, dan siswa kelas V. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menujukkan guru mengalami kesulitan dalam menyusun RPP seperti menganalisi KD, menentukan metode, dan mengaitkan materi dengan nilai-nilai karakter , dalam pelaksanaan guru mengalami kesulitan yaitu menananmkan nilai peduli sosial, tanggung jawab, displin disaat pembelajaran, dalam megevaluasi guru mengalami kesulitan saat mengevaluasi nilai sikap siswa karena guru tidak bisa mengamati siswa saat jam istirahat, adapun upaya yang dilakukan guru : pada perencanaan yaitu membuat perangkat pembelajaran yang memuat pendidikan karakter sebelum melakukan pembelajaran. Pada pelaksanaan yaitu guru mengembangkan kegiatan pengembangan diri siswa dengan cara mengembangkan nilai-nilai karakter pada setiap kegiatan. Pada evaluasi yaitu guru memberikan kuesioner pada siswa dan penilaian melalui pengamatan.

References

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Pengantar Pendidikan Karakter. 24(1). 105-113.

Arifudin, Syahid. (2015). Peranan Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa di Kelas V SDN 1 Siluman. Jurnal Pendidikan Karakter Vol 3, No. 1:175-185.

Cahyaningrum, Sapti . E , Sudaryanti. S, & Purwanto. N. A. (2017). Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak.

Darmawan, D. & Mardikaningsih. R. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Hail Belajar dengan Kualitas Kmunikasi. ARBITRASE: Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11-23.

Najib. M. Dkk. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media

Ningsih & Tutuk. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: CV, STAIN Press

Nurhayati, Yetti. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 5.2 : 165-180.

Putri., D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pedidikan Dasar. 2(1), 37-50.

Raminem. (2018). Penanaman Nilai Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Selama Melalui Dongeng. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Karakter vol. 1, No, 1: 1-8

Rifki, Muchamad, et al. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu.

Rizanti, W. N,. Jamaluddin., & Jufri, A . W (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Jurnal Of Classroom Action Research, 5(1), 114-120. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2931.

Rokhman, F., Hum, M. Syarifudin, A., & Yulianti. (2014). Character Edecation for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia- Social and Behavioral Sciences, 141, 1161-1165.

Saputar, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Untuk Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Of Classroom Action Research, 4(2), 61-70. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1684.

Setiawati, H., Rachamayani, I., & Jaelani, A. K. (2022). Pemetaan Metode Pembelajaran yang Diterapkan Guru dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Of Classroom Action Researc, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4,2334

Sundari . (2015). Kesulitan Guru Dalam Menenamkan Nilai Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 5.2: 138-151.

Supraptiningrat, Agustini. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, No. 2

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-66).

Wibowo, A. (2017). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Author Biographies

Linda Nardianti Sari, Universitas Mataram

Nurhasanah, Universitas Mataram

Muhammad Sobri, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Linda Nardianti Sari, Nurhasanah, Muhammad Sobri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).