Analisis Pembelajaran Pendidikan Pancasila Sebagai Media Pembentukan Pendidikan Karakter Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Siswa Kelas III
Published:
2024-11-25Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Pendidikan Karakter, Pendidikan Pancasila, Peduli LingkunganArticles
How to Cite
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran pendidikan pancasila sebagai media pembentukan pendidikan karakter siswa kelas III MI NWDI Dames. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa bahwa pembelajaran pancasila terintergrasi dengan pendidikan karakter. Sehingga pembelajaran pendidikan pancasila dapat dijadikan sebagai media pembentukan pendidikan karakter siswa kelas III MI NWDI Dames. Setelah proses pembelajaran pendidikan pancasila sebagai media pembentukan pendidikan karakter dalam implementasi kurikulum merdeka terlaksana. Hasil dari pengumpulan data baik dengan observasi dan wawancara, dari 19 siswa kelas III MI NWDI Dames yang berperilaku sesuai dengan pendidikan karakter dan menerapkan pendidikan karakter sebanyak 52,63%, dan siswa yang berperilaku tidak sesuai dengan pendidikan karakter sebanyak 36,84%, sedangkan siswa yang kadang-kadang bersikap sesuai dan tidak sesuai pendidikan karakter sebanyak 10,53%. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa siswa dapat mengikuti proses pembelajaran pendidikan pancasila dengan baik dan menerapkan pembelajaran untuk membentuk pendidikan karakter yang baik. Seperti bersikap toleransi, jujur, cinta damai, tanggung jawab, dan peduli lingkungan.
References
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 35-48.
Berlian, R. K., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk negara demokratis dan mewujudkan hak asasi manusia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 486-498.
Cicilia, I., & Santoso, G. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 146-155.
Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84-92.
Mutia, F., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 4(1), 80-88.
Nasution, F.A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creative.
Ningsih, T. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER: TEORI & PRAKTIK, Banyumas: CV. Rumah Kreatif Wadas Kelir.
Ramdani, J. Sugianto. Sahib. A & Wanto. D (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, Bengkulu: LP2 IAIN Curup.
Zulfida, S. (2020). Pendidikan Karakter dalam Bahan Ajar, Yogyakarta: SULUR PUSTAKA
Author Biographies
Lu'luil Hafizatul Ilma, Universitas Hamzanwadi
Hadiatul Rodiyah, Universitas Hamzanwadi
Yuniar Lestarini, Universitas Hamzanwadi
Zalia Muspita, Universitas Hamzanwadi
License
Copyright (c) 2024 Lu'luil Hafizatul Ilma, Hadiatul Rodiyah, Yuniar Lestarini, Zalia Muspita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).