Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Bangun Datar

Authors

Annisa Nanda Safira , Siti Istiningsih , Iva Nurmawanti

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9013

Published:

2024-10-20

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Kearifan Lokal , Komik Digital, Kurikulum Merdeka, Media Pembelajaran

Articles

Downloads

How to Cite

Safira, A. N., Istiningsih, S., & Nurmawanti, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Bangun Datar . Journal of Classroom Action Research, 6(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9013

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Proses pembelajaran kurikulum merdeka belajar memiliki kebijakan untuk mengutamakan pembelajaran aktif melalui pengembangan kreativitas. Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran matematika yang berkaitan dengan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan inovasi belajar siswa adalah komik digital sesuai dengan kurikulum berlaku. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis komik digital materi bangun datar memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatiom and Evaluation). Subjek peneitian ini adalah siswa kelas IV SDN 19 Woja sebanyak 15 orang siswa. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 84% dan validator ahli materi memperoleh skor 93,18% masing-masing memperoleh kriteria sangat valid. Penilaian dari pengguna komik digital yaitu dari guru memperoleh nilai 98% dan dari peserta didik memperoleh nilai 96,41% masing-masing memperoleh kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran komik digital berbasis kearifan local sangat valid dan praktis untuk digunakan.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia. 3(3). 95–101.

Apsari, PN, & Rizky, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Program Linear. AKSIOMA. Jurnal Program Study Pendidikan Matematika, 7(1). 161-170

Alifah, N. J., Ramli, M., & Yunita, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Webtoon Terintegrasi STEM pada Mata Pelajaran Kimia Materi Gaya AntarMolekul. SPIN-Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 5(1), 112-126. https://doi.org/10.20414/spin.v5il.7020

Guntur, Saroni, S & Ismuwardani, S. ( 2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 2(3). 1-44.

Hasanah Nurul. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) 1(2). 34-41.

Kharisma, I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII. Jurnal Ilmiah Program Study Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia. 5(2). 269-278

Nurlaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan. 2(1).

Putro, P. C. & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualagan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafah: Jurnal Pendidikan Matematika 11(1). 131-142. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1041

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.

Sari Cahyani. (2019). Pengembangan Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Pokok Bahasan Bangun Datar Untuk Kelas IV SD/MI. UIN Raden Intan Lampung.

Fujiastuti., et al. (2019). Pengembangan Media Flash Berbasis Komik Dalam Pembelajaran Menyimak Certia Rakyat. Jurnal Teknologi Pendidikan. 21(3). 201-213.

Husnadi, S. I., IIhamdi, M. L., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Profesional 8 Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku (Kearifan Lokal Lombok) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 191-197. https://doi.org/10.29303/jpm.vl6i2.2353

Safira. P, Darmiany, Nurmawanti I, Witono Hari (2023) Kreativitas Guru Abad 21 Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (JCAR). 5(3), 66-72.

Author Biographies

Annisa Nanda Safira, Universitas Mataram

Siti Istiningsih, Universitas Mataram

Iva Nurmawanti, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Annisa Nanda Safira

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).