Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

Diyaul Adha , Kusmiyati , Syamsul Bahri

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9114

Published:

2024-10-26

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Hasil Belajar, Perubahan Lingkungan, Problem Based Learning

Articles

Downloads

How to Cite

Adha, D., Kusmiyati, & Bahri, S. (2024). Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 721–726. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9114

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang melibatkan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah sehingga peserta didik memperoleh pengetahuan dan memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi kelas X IPA di MA Hidayatul Islamiyah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalen control group design. Penelitian ini dilakukan di MA Hidayatul Islamiyah. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA di MA Hidayatul Islamiyah. Data dikumpulkan berdasarkan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes pilihan ganda. Lembar tes hasil belajar diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran materi perubahan lingkungan diajarkan. Ada beberapa uji prasyarat yang digunakan sebelum uji hipotesis dilakukannya uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data secara statistik menggunakan uji-t dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil analisis uji-t adalah 0,002 < 0,05 sehingga penggunaan model Problem-Based Learning (PBL) secara signifikan meningkatkan hasil belajar biologi siswa.

References

Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6963-6972. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3845

Arifin, R. D. S. L., Sukarso, A. A., Kusmiyati., & Setiadi, D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Teori Gagne Dalam Meningkatkan Disposisi Kritis Dan Berpikir Kritis Biologi Siswa SMA. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 682-690. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8995

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadi, Y.S., Setiadi, D., & Yani, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pola Lesson Study Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 455-459. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5487

Hapsari, R. A., Rahmawati, N., & Setiadi, D. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 SMAN 2 Mataram. Journal of Classroom Action Research, 5(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5760

Herlina. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learnin dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI IPA MAN 2 Model Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5(1), 11-18.

Hermawati, K. A. (2021). Implementasi model inkuiri dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti: Analisis pada materi pembelajaran toleransi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 56-72. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6159

Janah, M.C., Widodo, A.T., & Kasmui, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2098-2107. https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13301

Kistian, A. (2019). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Genta Mulia, 10(1), 92-104. https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.445

Lutfiah, W. Anisa., & Hambali, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092-2098. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1090

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran Problem Based Learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.184 9

Natsir, M., Hasan, E., Wajdi, M., & Bahruddin, B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Bologi Konsep Virus Pada Peserta Didik Kelas X MIA di SMA 1 Maros, Biolearning Journal, 9(1), 21-27.

Ningsih, S., Ramdani, A., & Hadiprayitno, G. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) Berbasis Android Dengan Media Video Pembelajaran. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 462-468. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.8251

OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en

Prilliza , M. D., Lestari, N., Merta, I W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektifitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 130-134. https://doi.org/10.29303/jpm.v5i2.1544

Sahidu, C. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika (P3F). Mataram FKIP Universitas Mataram.

Sinambela, P. N. J., A. Bulan, A. Febriana, N. Susilowaty, M. Faturrachman, W. Novianti, E. T. B. Sembiring, Chairunnisa, D. E. Subroto, D. Mardhiyana. (2022). Model-Model Pembelajaran. Serang: Sada Kurnia Pustaka.

Sukarso, A. A., & Lestari, T. A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal Of Classroom Action Research, 6(3),494-503. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8477.

Sulastry, T., Rais, N. A., & Herawati, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(1), 142–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i1.28787

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Suratini. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan LKPD pada Materi-materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Peneltian Pendidikan Indonesia, 5(2), 1-7.

Syahrul, S., Nasir,M., & Nurfathurrahman, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Lambitu. Oryza Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 54-58. https://doi.org/10.33627/oz.v11i2.938

Wulandari, I. A., Mu’min, M. B., & Firdaus, M. G. (2021). Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis (KBKr) Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Bioeduin, 11(1), 63-69.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Diyaul Adha, Universitas mataram

License

Copyright (c) 2024 diyaul adha, Kusmiyati, Syamsul Bahri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).