Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Open Access
Peer Reviewed

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa

Authors

Indri Antini , Agus Ramdani , I Putu Artayasa

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9145

Published:

2024-10-21

Downloads

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan adobe flash terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 3 Mataram. Jenis  penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 13 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji ANCOVA (Analysis of Covariance). Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,030 yang berarti lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan adobe flash terhadap hasil belajar siswa di SMAN 3 Mataram yang positif dan signifikan.

Keywords:

Adobe Flash, Hasil Belajar, Problem Based Learning

References

Cahyaningtyas, D., Sulistya Wardani, N., & Sepharibada Yudarasa, N. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa melalui penerapan discovery learning efforts to increase learning outcomes and cooperation through the implementation of discovery learning. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 59–67. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67

Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS6 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910-1924.doi: https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924

Hardiantiningsih, H., Istiningsih, S., & Hasnawati, H. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 297-303. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3737

Hardiyanti, D., Nurhidayati, S., & Efendi, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP negeri 3. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi "Bioscientist, 5(2), 2338–5006. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v5i2.185

Herawati, G., Gunayasa, I. B. K., & Ningsih, S. (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dalam Pemebalajaran PPKN. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 205 – 211. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2423

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 701-707.

Lutfiah, W., & Hambali, H. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092–2098. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1090

Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 1-8.

Mucharom, M., Mustaji, M., & Mariono, A. (2022). Pengaruh problem based learning terhadap keaktifan dan berpikir kritis siswa dalam karakter kebangsaan di SPN Polda Jatim. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 2656–5862.doi: https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2701/http

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash CS6 untuk pembelajaran IPS siswa sekolah menengah atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364–375.doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan, 4(1), 51-59.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Pamungkas Alamsyah, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash pada kelas iv. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa di kelas x. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176.doi: https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176

Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan adobe flash sebagai dasar pengembangan bahan ajar fisika : studi literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10.doi: https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh penggunaan media belajar video animasi terhadap proses berfikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578

Roza, M., Lufri, L., & Asrizal, A. (2023). Meta-Analysis the effect of stem integrated problem based learning model on science learning outcomes. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 14(1), 16. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v14i1.51678

Sahamin, Jamaluddin, Bachri, S., & Artayasa, I. P. (2020). Perbandingan hasil belajar IPA peserta didik di SMPN 15 Mataram yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–10.

Septiyani, D. (2019). Pengaruh Task Commitment terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan Sosial Ekonomi Keluarga Sebagai Variabel Moderator: Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Lembang dan Parongpong (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sumaji, S., Wanabuliandari, S., & Rahaju, R. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA J. Progam Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1484-1491.

Taherdoost, H. (2016). Validity and reliability of the research instrument; how to test the validation of a questionnaire/survey in a research. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 5(3), 28-36. https://hal.science/hal-02546799

Warkintin, W. (2014). Hubungan keaktifan mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Vox Edukasi, 5(2), 125–130.

Yunarti, Y., Loviana, S., & Safaatin, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis adobe flash cs6. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 159. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4459

Author Biographies

Indri Antini, Universitas Mataram

Agus Ramdani, Universitas Mataram

I Putu Artayasa, Universitas Mataram

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Antini, I., Agus Ramdani, & I Putu Artayasa. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(4), 698–703. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9145