Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9145Published:
2024-10-21Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Adobe Flash, Hasil Belajar, Problem Based LearningArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan adobe flash terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 3 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 13 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji ANCOVA (Analysis of Covariance). Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,030 yang berarti lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan adobe flash terhadap hasil belajar siswa di SMAN 3 Mataram yang positif dan signifikan.
References
Cahyaningtyas, D., Sulistya Wardani, N., & Sepharibada Yudarasa, N. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa melalui penerapan discovery learning efforts to increase learning outcomes and cooperation through the implementation of discovery learning. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 59–67. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67
Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS6 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910-1924.doi: https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924
Hardiantiningsih, H., Istiningsih, S., & Hasnawati, H. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 297-303. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3737
Hardiyanti, D., Nurhidayati, S., & Efendi, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP negeri 3. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi "Bioscientist, 5(2), 2338–5006. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v5i2.185
Herawati, G., Gunayasa, I. B. K., & Ningsih, S. (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dalam Pemebalajaran PPKN. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 205 – 211. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2423
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 701-707.
Lutfiah, W., & Hambali, H. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092–2098. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1090
Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 1-8.
Mucharom, M., Mustaji, M., & Mariono, A. (2022). Pengaruh problem based learning terhadap keaktifan dan berpikir kritis siswa dalam karakter kebangsaan di SPN Polda Jatim. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 2656–5862.doi: https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2701/http
Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash CS6 untuk pembelajaran IPS siswa sekolah menengah atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364–375.doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315
Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan, 4(1), 51-59.
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Pamungkas Alamsyah, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash pada kelas iv. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa di kelas x. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176.doi: https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176
Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan adobe flash sebagai dasar pengembangan bahan ajar fisika : studi literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10.doi: https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255
Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh penggunaan media belajar video animasi terhadap proses berfikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578
Roza, M., Lufri, L., & Asrizal, A. (2023). Meta-Analysis the effect of stem integrated problem based learning model on science learning outcomes. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 14(1), 16. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v14i1.51678
Sahamin, Jamaluddin, Bachri, S., & Artayasa, I. P. (2020). Perbandingan hasil belajar IPA peserta didik di SMPN 15 Mataram yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–10.
Septiyani, D. (2019). Pengaruh Task Commitment terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan Sosial Ekonomi Keluarga Sebagai Variabel Moderator: Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Lembang dan Parongpong (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Sumaji, S., Wanabuliandari, S., & Rahaju, R. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA J. Progam Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1484-1491.
Taherdoost, H. (2016). Validity and reliability of the research instrument; how to test the validation of a questionnaire/survey in a research. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 5(3), 28-36. https://hal.science/hal-02546799
Warkintin, W. (2014). Hubungan keaktifan mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Vox Edukasi, 5(2), 125–130.
Yunarti, Y., Loviana, S., & Safaatin, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis adobe flash cs6. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 159. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4459
Author Biographies
Indri Antini, Universitas Mataram
Agus Ramdani, Universitas Mataram
I Putu Artayasa, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Indri Antini, Agus Ramdani, I Putu Artayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).