Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

Siti Alifa , Sri Subarinah , Eka Kurniawan , Harry Soeprianto

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9362

Published:

2024-10-29

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Efektivitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning (PBL)

Articles

Downloads

How to Cite

Alifa, S., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Soeprianto, H. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 6(4), 738–744. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9362

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Keahlian dalam berpikir kritis sangat diperlukan oleh peserta didik dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman abad 21 yang memiliki banyak inovasi dan informasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Gerung. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis (post-test). Hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 74,47, sedangkan pada kelas kontrol adalah 65,60. Uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan uji effect-size menunjukkan nilai sebesar 1,00. Berdasarkan dari hasil analisis deskriptif dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol, uji independent sample t-test dan uji effect-size, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Gerung.

References

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95-107. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822

Al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.

Anugrah, E. F., & Karneli, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Problem Solving. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(3), 83-87. https://doi.org/10.23916/08789011

Baharunnisa., Arjudin., Kurniawan, E., & Sripatmi. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Bilangan Pecahan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 247-253. 10.29303/jcar.v5i4.5756

Bay, R. L., Kurniati, N., Lu'luilmaknun, U., & Azmi, S. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMPN 23 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2898-2912. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13997

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Facione, P. A. (2013). Critical Thinking: what it is and why is counts, measured reasons and the California. California: Academic Press, Millbrae.

Hardiantiningsih, Istiningsih, S., & Hasnawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 297-303. 10.29303/jcar.v5i2.3737

Irzani. (2010). Pembelajaran Matematika Panduan Praktis untuk SD & MI. Yogyakarta: Mandiri Graffindo Press.

Junaidi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. SOCIUS: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 25 35. http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767

Kristiara, S., Sunarto, & Sudarno. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2(2), 115. https://doi.org/10.20961/bise.v2i2.17086

Mayangsari, N., Nurhaedah, & Amir, A. M. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 3(3), 94-100. https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26003

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Viii Smp. EDUMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74-87. http://10.20527/edumat.v8i1.7078

Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tembusai, 2(4), 793-801. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.26

Putri, A. P., Nursalam, & Sulasteri, S. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Prasyarat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1), 17-30. https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a2

Putri, V. K., Arjudin, Tyaningsih, R. Y., & Baidowi. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Mataram pada Materi Statistika Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2247-2256. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9988

Rahmawati, D., Khoirunnisa, A., & Sekarsari, A. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Keterampilan 4C. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 489-498. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1238

Rosmala, I., A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosmasari, A. R., & Supardi, Z. A. I. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi kelas X MIPA 4 SMAN 1 Gondang. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 472-478. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.472-478

Royani, I., Novitasari, D., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 58-65. 10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3900

Saputra, H. (2020). Kemampuan berfikir kritis matematis. Jurnal Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(3), 1-7. 10.17605/OSF.IO/TJ76P

Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472-3481. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.131

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumantri, M., S. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Author Biographies

Siti Alifa, Universitas Mataram

Sri Subarinah, Universitas Mataram

Eka Kurniawan, Universitas Mataram

Harry Soeprianto, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Siti Alifa, Sri Subarinah, Eka Kurniawan, Harry Soeprianto

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).