Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Cerita pada Siswa SMPN

Authors

Ririn Farianti , Sri Subarinah , Ulfa Lu’luilmaknun , Amrullah

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9363

Published:

2024-10-29

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Efektivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)

Articles

Downloads

How to Cite

Farianti, R., Subarinah, S., Lu’luilmaknun, U., & Amrullah. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Cerita pada Siswa SMPN. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 745–753. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9363

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita pada siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram. Dengan penelitian quasi experimental dan pendekatan kuantitatif, tes kemampuan pemecahan masalah matematika hanya diberikan setelah pembelajaran atau desain posttest only control design. Menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes uraian, pembelajaran diberikan pada satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Melalui Analisis deskriptif dan uji-t dua sampel independen, hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru kelas eksperimen sebesar 96,15%, aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 90,15%, aktivitas guru kelas kontrol sebesar 94,74%, aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 87,75%, rata-rata skor posttest kelas eksperimen sebesar 85,14, dan rata-rata kelas kontrol sebesar 78,86. Uji independen sampel t-tes menujukkan signifikansi (2-tailed) 0,21 < 0,05. Kesimpulan penelitian yang diperoleh yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita pada siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram. Dengan penelitian quasi experimental dan pendekatan kuantitatif, tes kemampuan pemecahan masalah matematika hanya diberikan setelah pembelajaran atau desain posttest only control design. Menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes uraian, pembelajaran diberikan pada satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Melalui Analisis deskriptif dan uji-t dua sampel independen, hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru kelas eksperimen sebesar 96,15%, aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 90,15%, aktivitas guru kelas kontrol sebesar 94,74%, aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 87,75%, rata-rata skor posttest kelas eksperimen sebesar 85,14, dan rata-rata kelas kontrol sebesar 78,86. Uji independen sampel t-tes menujukkan signifikansi (2-tailed) 0,21 < 0,05. Kesimpulan penelitian yang diperoleh yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram.

References

Afifah, I. N., Sudargo, & Prasetyowati, D. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 157–163. doi: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4462

Amrita, P. D., & Jamal, M. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Pengajaran Langsung pada Pembelajaran Fisika di Kelas X MS 4 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 248–261. doi: https://dx.doi.org/10.20527/bibf.v4i3.1858

Anugrah, E. F., & Karneli, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Problem Solving. Indonesian Journal Of School Counceling, 5(3), 83–87. doi: https://doi.org/10.23916/08789011

Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Model Pembelajaran Problem Posing dan Solving : Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jawa Barat: CV Jejak.

Baidowi, Hikmah, N., & Amrullah. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mathematics and Education Journal, 1(1), 1–12. doi: https://doi.org/10.29303/jm.v1i1.537

Faridah, S. J., Hikmah, N., Kurniawan, E., & Azmi, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. Pendas: Jurnal Iimiah Pendidikan Dasar, 9(2), 256–266. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.17096

Fitri, N. W., Subarinah, S., & Turmuzi, M. (2019). Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Turunan pada Siswa Kelas XII. Mathematics and Education Journal, 1(2), 66–73. doi: https://doi.org/10.29303/jm.v1i2.1559

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.58 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khotimah, H., Amrullah, Tyaningsih, R. Y., & Sridana, N. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–130. doi: https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2272

Malini, A., Hikmah, N., & Hayati, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write ( TTW ) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA NW Mataram Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1, 711–719. doi: https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.109

NCTM. (2000). Executive Summary Principles and Standards For School Mathematics. Reston, Va.: NCTM.

Oktafyani, A., Istiningsih, S., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Angka Perkalian Terhadap Minat Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 67–75. doi: https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1908

Polya, G. (1957). How To Solve it: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.

Riansyah, F., & Sari, A. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Juring:Journal for Research in Mathematics Learning, 1(2), 119–126. doi: https://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.5426

Rokiyah, Lazim, & Zulkifli. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 008 Sungai Segajah Kecamatan Kubu. JOM: Jurnal Online Mahasiswa, 2(1), 1–11. doi: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/10244

Rosyadi, A. A. P. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sarlan, Gunayasa, I. B. K., & Jaelani, A. K. (2022). Hubungan Antara Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 48–52. doi: https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1460

Sugiarti, M., & Siswanto, R. D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kemampuan Matematika dan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 140–149. doi: https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.8393

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Bandung: CV Alvabeta.

Tahir, M., Sani, A., & Samparadja, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper Dan Textbook Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 45–56. doi: https://dx.doi.org/10.33772.jpbm.v4i1.6952

Wahid, R., Busnawir, & Sahidin, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 223–233. doi: https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.19

Zulfianingrat, M., Soeprianto, H., & Prayito, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3(1), 6–13. doi: https://jipi.unram.ac.id/index.php/jipi/article/view/214

Author Biographies

Ririn Farianti, Universitas Mataram

Amrullah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Ririn Farianti, Sri Subarinah, Ulfa Lu’luilmaknun, Amrullah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).