Karakterisasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9384Published:
2024-10-29Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
PemecPemecahan Masalah, Level, Taksonomi SOLO, Perpangkatan dan Bentuk Akar.ahan Masalah, Level, Taksonomi SOLO, Perpangkatan dan Bentuk Akar.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetaui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan level pada taksonomi Structure of the Observation Learning Outcome (SOLO) dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 39 siswa berturut-turut berada pada level prastruktural dengan persentase 10,26%, level unisruktural dengan persentase 23,08%, level multistruktural dengan persentase 38,46%, level relasional dengan persentase 20,51%, dan level abstrak yang diperluas dengan persentase 7,69%. Dimana Pada level prastruktural hanya mampu mencapai indikator pada level prastruktual, level unistruktural siswa sudah mampu mencapai indikator pada dua level sekaligus yakni level prastruktural dan level unistruktural. Pada level multistruktural siswa telah mampu mencapai indikator pada 3 level sekaligus yakni level prastruktural, level unistruktural dan level multistruktural. Pada level relasional siswa telah mampu mencapai indikator dari 4 level sekaligus yakni pada level prastruktural, level unistruktural, level multistruktural dan level relasional. Pada level abstrak yang diperluas siswa telah mampu mencapai indikator dari 5 level sekaligus yakni pada level prastruktural, level unistruktural, level multistruktural, level relasional, dan level abstrak yang diperluas.
References
Aini, L.N., Subarinah, S., Junaidi, Prayitno, S. (2024). Kemampuan Investigasi Matematika Pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 303-312. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7568
Akbar, M. A., Hayati, L., Kurniawan, E., & Hikmah, N. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman Laila Eka. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 700–707. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.
Biggs, J. B., & Collis, K. F. (1982). Evaluating the Quality of Learning: The SOLO Taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). New York: Academic Press.
Ekawati, R., Junaedi, I., & Nugroho, S. E. (2013). Studi respon siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 2(2), 101–107. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Faisal, & Maryulianty, L. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Numeracy, 6(1), 153–165. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i1.444.
Gowers, T. (2008). The Princeton Companion To Mathematics. New Jersey: Princeton University Press.
Halimah, H., Untu, Z., & Suriaty, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO). Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i1.245.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel. Edumatica, 07(01), 44–54. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i01.3874.
Ismawati, I., Arjudin, A., Lu’luilmaknun, U., & Subarinah, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 569–580. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1257.
Lestari, L. P., Zain, M.I., Saputra, H. H. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa. Journal of Classroom Action Research. 5(4), 488-493. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8459.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.
Nurhadiani, R., Soeprianto, H., Azmi, S., Turmuzi, M. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research. 6(3). 664-671. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8863
Putri Hardina, S., & Jamaan, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Taksonomi Solo pada Kelas VIII SMPN 1 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika Hal, 7(3), 101–107. http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v7i3.5612.
Sari, S. A. L., Sutriyono, & Pratama, F. W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Taksonomi SOLO pada Siswa XI IPA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.502.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, N. P., & Masriyah, M. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah PISA pada Konten Change and Relationship Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2604–2618. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.901.
Widiasari, F., & Hidayati, K. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Cerita Berdasarkan Taksonomi Solo (Structured of Observed Learning Outcome) di SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.21154/thifl.v1i2.136.
Author Biographies
Wafasari, Universitas Mataram
Arjudin, Universitas Mataram
Nani Kurniati, Universitas Mataram
Nurul Hikmah, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Wafasari, Arjudin, Nani Kurniati, Nurul Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).