Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

Fanny Fadilah , Arjudin , Tabita Wahyu Triutami , Sripatmi

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9385

Published:

2024-10-28

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Pembelajaran Langsung

Articles

Downloads

How to Cite

Fadilah, F., Arjudin, Triutami, T. W., & Sripatmi. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9385

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Taliwang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Taliwang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 3 kelas yakni kelas VIII-A 21 siswa, kelas VIII-B 22 siswa dan kelas VIII-C 25 siswa dengan sampel kelas VIII-A dan VIII-B yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 82,60 lebih besar dari rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung yaitu 71,86. Hasil perhitungan uji-t separated varians diperoleh sebesar 4,729 dan dibandingkan dengan nilai sebesar 2,019. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa . Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 5 Taliwang tahun ajaran 2023/2024. 

Kata kunci: model problem based learning, hasil belajar, pembelajaran langsung, 

References

Adil, A., Efendi, S., Sulistiyani., Hasniati., Azza, A., Alwi., &Nurdiansyah, T. E. (2022).Metodologi Penelitian Kesehatan. Sumatera : Get Press Indonesia.

Annisa, N., & Rosyidah, A. N. K. (2023). Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Pada Siswa Kelas II SDN Rato Tahun Ajaran 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 161-167. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2907

Arwati, E. A. E., Tanzimah, T., &Noviati, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Methodist 3 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 3979-3986. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8858

Coe, R. (2002). It’s the effect size, stupid. In British Educational Research Association Annual Conference, 12(14), 11.

Daryanto & Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Irawan, D., Prayitno, S., Luâ, U., & Soeprianto, H. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil belajar Matematika Kelas VIII MTs. Journal of Classroom Action Research, 5(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5970

Mahendradhani, G. A. R. (2021). Problem-Based Learning di Masa Pandemi. Bali : Nilacakra

Muniroh, A. (2015). Academic Engagement Penerapan Model Problem Based Learning di Madrasah. Yogyakarta : LKiS Pelangi Aksara.

Paramartha, I. P. W., Subarinah, S., Arjudin, A., & Sridana, N. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi aritmetika sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 810-820. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.224

Parnawi, A., & Ridho, D. A. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam. Berajah Journal, 3(1), 167-178. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.209

Pratama, M.P., Sripatmi, S., Salsabila, N. H., & Hikmah, N. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP. Griya Journalof Mathematics Education and Application, 4(1), 9-17. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.428

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifah. (2022). Model Problem Based Learning &Pembentukan Kelompok Sosial. Tambun Selatan : Mikro Media Teknologi.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187-192. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2719

Wiguna, I., Arjudin, A., Hikmah, N., & Baidowi, B. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadapKemampuanPemecahan Masalah Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 550-558. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.105

Author Biographies

Fanny Fadilah, Universitas Mataram

Arjudin, Universitas Mataram

Tabita Wahyu Triutami, Universitas Mataram

Sripatmi, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Fanny Fadilah, Arjudin, Tabita Wahyu Triutami, Sripatmi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).