Efektivitas Penerapan Project Based Learning Dengan Media Diorama Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa

Authors

Maharani Ayu Safitri Safitri , I Putu Artayasa , Ahmad Raksun , Jamaluddin

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9400

Published:

2024-10-30

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Media Diorama, Pemahaman Konsep, Project Based Learning

Articles

Downloads

How to Cite

Safitri, M. A. S., Artayasa, I. P., Raksun, A., & Jamaluddin. (2024). Efektivitas Penerapan Project Based Learning Dengan Media Diorama Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 762–768. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9400

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan project based learning dengan media diorama dalam meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman hayati siswa kelas X MA Nurul Islam Sekarbela. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non equvalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Nurul Islam yang berjumlah empat kelas X. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling diperoleh kelas Xa sebagai kelas eksperimen dan kelas Xb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa yakni tes pilihan ganda sebanyak 23 item.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan Anacova dan dilanjutkan dengan uji N-Gain. Pemahaman konsep peserta didik sebelum diterapkan model Project Based Learning mendapatkan nilai rata-rata pretes sebesar 52.65, setelah diterapkan project based learning dengan media diorama mendapatkan nilai rata-rata postes 84.13 sementara pada kelas kontrol memperoleh nilai pretes 49.09 dan postes 78.68 jadi, diperoleh peningkatan rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 31.48 lebih besar dari peningkatan pada kelas kontrol sebesar 29,59. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,63 pada kelas eksperimen dan 0,55 pada kelas kontrol. Hasil uji anacova diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,027 yang lebih kecil dari alpha 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan project based learning dengan diorama efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa.

References

Aledya, V. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. May, 0–7.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Persada.

Almagofi, F., Sya’diyah, H., Gultom, R., & Sukmawati, D. M. (2023). Media interaktif dalam pembelajaran IPS sd. Cahya Ghani Recovery.

Anengsih, A., & Jamaludin, U. (2023). Penerapan Project Based Learning Pada Pembelajaran Pantun Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 264–270. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4472

Arifin, A. Y., Saputra, H. H., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 278–286. Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/7560

Azis, E., Asfar, I. T., Asfar, I. T., Rianti, M., Hasanuddin, & Nur, A. (2020).Solusi peningkatan pemahaman konsep pembelajaran. Jejak.

Cahyani, P. L., Harjono, A., Erfan, M., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 551–559. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8508

Dermawan, D. A. (2024). Diktat Mata Khasauliah Media Pembelajaran Matematika.

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran PKn. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726

Handayani, F., Setiadi, D., Artayasa, I. P., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Project Based Learning Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2235-2240.

Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Journal On Education, 1(3), 37-47.

Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43-52. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/324

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 2(1), 48–55. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas x (Quasy experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).

Nafizatunni’am, N., Sukarso, A., Lestari, T. A., & Jamaluddin. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 494–503. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8477

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di sekolah, dari teori ke praktik. Nilacakra.

Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51-71.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SD dalam pembelajaran matematika dengan model diskursus multy representation (DMR). EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35-46.

Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1859

Setiadi, D., Lestari, T. A., & Jufri, A. W. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 371-377.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardana, M. A. W., Indra, D. P., & Ulya, C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 95-114

Widyaningrum, R., Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Rahmadsyah, Setyaningsih, R., Respatiningsih, D.M., & Kurniasari, E. (2021). Model-model pembelajaran. Pradina Pustaka.

Author Biographies

Maharani Ayu Safitri Safitri, universitas mataram

I Putu Artayasa, Universitas Mataram

Ahmad Raksun, Universitas Mataram

Jamaluddin, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Maharani Ayu Safitri Safitri, I Putu Artayasa, Ahmad Raksun, Jamaluddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).