Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak Pada Pembelajaran IPAS
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9459Published:
2024-11-05Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
IPAS, Kearifan Lokal Sasak , Multimedia InteraktifArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal sasak pada pembelajaran IPAS berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan produk. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SDN Gugus V Masbagik yaitu SDN 3 dan 4 Paok Motong dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi ahli media dan materi dan angket respon guru dan peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukakan bahwa multimedia interaktif berbasis kearifan lokal sasak mendapatkan persentase sebesar 85,7% dengan kategori sangat valid dari ahli media, 90,9% dengan kategori sangat valid dari ahli materi, 95% dengan kategori sangat praktis dari respon guru, 93,4% dengan kategori sangat praktis dari respon peserta didik dari uji coba kelompok kecil dan 91,7% dengan kategori sangat praktis dari respon peserta didik pada uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal sasak pada pembelajaran IPAS layak digunakan pada pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan dan aspek kepraktisan.
References
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252–260. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Auliani, L., Afandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Pada Tema 2 “Udara Bersih Bagi Kesehatan” Kelas 5 SDN 20 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1869–1874. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.841
Fadilah, D., Rohini, & Sumiati. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Samawa Berbentuk Multimedia Interaktif. Jurnal Elementary, 3(2), 97–101. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2430
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Fikri, H., & Madona, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif (Vol. 7, Issue 1). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Husnadi, S. I., Ilhamdi, M. L., Khair, & Niswatul, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Professional 8 Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku (Kearifan Lokal Lombok) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 191–197. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2353
Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 516–520. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.548
Irmayani, Ramdani, A., & Setiadi, D. (2022). Validasi E-Modul Terintegrasi Pendekatan STEM Berorientasi PBL pada Pembelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 92–97. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2567
Karsiwan, K., Wardani, W., Lisdiana, A., Purwasih, A., Hamer, W., & Retno Sari, L. (2023). Sosialisasi Materi Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Kota Metro Lampung. Malaqbiq, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.46870/jam.v2i1.513
Luthfia, R. A., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Urgensi Projek Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewarganegaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1419–1426. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12590
Murti, S., & Muhtadin. (2019). Pengembangan LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP se-Kecamatan Tugumulyo. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 256–264.
Noviyanti, A., Musaddat, S., & Amrullah, L. W. Z. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint pada Muatan Pelajaran IPAS Kelas V SDN 32 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 708–718. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10711
Pana, A., Asrin, & Sobri, M. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Etnopedagogik Berbasis Kearifan Lokal Sasak Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 2548–6950. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11491
Putri, D. M. E., Zain, M. I., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Cerita Rakyat Sasak “ Putri Mandalika ” untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 187–197. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.7241
Ramdani, B. W. S., Amrullah, Junaidi, & Prayitno, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Software Delphi dan Geogebra. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 139–152. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5088
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480
Safitri, L., Susanti, M., Anggun, C., Wahyuni, S., Yusmar, F., & Nuha, U. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Ipa Pada Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila: Studi Literatur. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 223–229. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1227
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sasmitha, L. D., Hadiprayitno, G., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5, 292–298. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index
Septian, A., Inayah, S., & Pelani, J. I. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Bangun Datar. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.697
Septiani, M., Zain, M. I., & Hasnawati, H. (2024). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 208–215. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.7248
Surjono, H. D. (2019). Multimedia Pembelajaran Interaktif : Konsep dan Pengembangan (Issue April 2017). UNY Press.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Author Biographies
G.A Bunga Azani Putri, Universitas Mataram
Asrin, Universitas Mataram
Asri Fauzi, Universitas Mataram
Muhammad Syazali, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 G.A Bunga Azani Putri, Asrin, Asri Fauzi, Muhammad Syazali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).