Pengaruh Penggunaan Character Education Integrated Inquiry E-book Terhadap Literasi Sains Siswa

Authors

Maulidia Karima , Agus Ramdani , Syamsul Bahri

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9470

Published:

2024-10-22

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

E-book, Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains

Articles

Downloads

How to Cite

Karima, M., Ramdani, A., & Bahri, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Character Education Integrated Inquiry E-book Terhadap Literasi Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 704–710. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9470

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan Character Education Integrated Inquiry E-book terhadap literasi sains siswa SMP Negeri 2 Selong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  VIII sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda berupa soal literasi sains sebanyak 10 butir. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat antara lain uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan uji Ancova (Analysis of Covariance) berbantuan Software SPSS 23. Tingkat efektifitas media pembelajaran diukur menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.037 yang berarti lebih besar dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Character Education Integrated Inquiri E-book terhadap literasi sains siswa SMP Negeri 2 Selong yang positif dan signifikan dengan presentasi nilai N-Gain termasuk cukup efektif.

References

Fitri, A., Rani, R., Nurhayati, Azis, S.L.P., Irmawaty, N., Anis M.D.N.S., Kartini, H., & Nanda, E.A. (2023). Dasar-dasar Statistika untuk Penelitian. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Humaeroh, S., & Dewi, D.A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216-222.

Hubbi, U., Ramdani, A., & Setiadi, D. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter ke dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan di Era Milenial. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 4(3), 228-239.

Ismail, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasi Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35 Halmahera Selatan pada Konsep Gerak Lurus. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 256-269.

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93-114.

Masithah, I., A. Wahab, J., & Agus, R. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4 (2), 149-152.

Madalia, N., Ika, R.S., & Dian, M.H. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 7 (9), 1-9.

Nasution, Z., Amini, A., & Prasetia, I. (2023). Efektofotas Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Abad 21 di MTs Negeri 2. Hijri, 12(2), 183-199.

Nurillahi, N.D., A.A. Sukarso, Dewa, A.C.R., & A. Wahab, J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terintegrasi REACT Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Siswa. Journal of Classcroom Action Research, 6 (3), 149-513.

Nurhaedah, Suarlin, & Yuli, K.S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education, 2(5), 306-328.

Payadnya, I. P. A. A., & I Gusti, A. N. T. J. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Sleman: Deepublish.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N.S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42).

Pratama, D. A. N. (2019). Tantangan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 198-226.

Ramdani, A., Jamaluddin, & I Putu Artayasa. (2022). Character Education Integrated Inquiry E-book: Alternative Media to Minimize Bullying of Fellow Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 520-525.

Subiyanti, S., Murtono, & Su'ad. Pendidikan Karakter Berbasis Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11 (1), 25-34.

Slamet, R., & Sri, W. (2018). Validitas dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 50-62.

Widaswara, E. K., Dadi, S., Baiq Sri, H., & Muhlis. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar dan Literasi Sains di SMAN 1 Kuripan. Jurnal Ilmiah Profesi Kependidikan, 7(4b), 2555-2562

Author Biographies

Maulidia Karima, Universitas Mataram

Agus Ramdani, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Maulidia Karima, Agus Ramdani, Syamsul Bahri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).