Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Open Access
Peer Reviewed

Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah

Authors

Izul Islamudin , Arifin Maksum , Nina Nurhasanah

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9471

Published:

2024-10-22

Downloads

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah serta faktor pendukung dan penghambat di SDN Inpres Hidirasa Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui proses mengumpulkan data, pereduksi data, penyajikan data, penarikan simpulan dan verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dilakukan melalui proses pembelajaran seperti: membiasakan berdoa sebelum dan setelah pembelajaran, memecahkan masalah baik secara kelompok maupun individu, memberanikan diri bertanya maupun berpendapat, dan mengerjakan tugas individu pada buku siswa. Melalui pembiasaan/keteladanan seperti: yasinan, hafal ayat pendek dan kultum, kerja bakti membersihkan halaman sekolah, pertemuan antar kelas (class meeting), upacara bendera setiap hari Senin, dan praktek salat. Selanjutnya, pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti: belajar tarian daerah, olahraga masing-masing kelas, dan olahraga wajib seluruh kelas setiap hari Sabtu. Faktor pendukung, adanya program jangka menengah maupun jangka panjang yang di programkan seperti disiplin waktu, kegiatan religius, olahraga, dan belajar kesenian tari daerah. Faktor penghambat, sarana dan prasarana kurang memadai, masih kurang kesadaran orang tua, dan masih kurang pahamnya guru dalam implementasi Kurikulum 2013.

Keywords:

Budaya Sekolah, Implementasi, Pendidikan Karakter

References

Aripin, A. (2024). Tantangan pengembangan kurikulum pendidikan Islam dan strategi pengembangannya dalam menghadapi tuntutan kompetensi masa depan. Jurnal Al-Mufidz: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 121-142. https://jurnal.staibta.ac.id/almufidz/article/view/26

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter. 24(1), 105–113.

Baehr, J. (2017). The Varieties of Character and Some Implications for Character Education. Journal of Youth and Adolescence, 46(6), 1153–1161. https://doi.org/10.1007/s10964-017-0654-z.

Barry, A. L., Rice, S., & Mcduffie-dipman, M. (2013). The Journal of Social Studies Research Books with potential for character education and a literacy-rich social studies classroom : A research study. The Journal of Social Studies Research, 37(1), 47–61. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2012.12.002

Erick Ferdiawan & Wira Eka Putra. (2013). Esq Education for Children Character Building Based on Phylosophy of Javaness in Indonesia. 106, 1096–1102. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.123.

Kholis, N. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Melalui Budaya Sekolah. Edukasi, Volume 05, 047–065.

Kim, S., Choe, I., & Kaufman, J. C. (2019). The development and evaluation of the effect of creative problem-solving program on young children’s creativity and character. Thinking Skills and Creativity, 33(August 2018), 100590. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100590.

Kusuma, A., Dewi, T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan, 4, 247–255. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011.

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke- 21. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 3(2), 216–231.

Rizanti, W. N., Jamaluddin., & Jufri, A. W. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 114-120. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2931

Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197.

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 61-70. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1684

Setiawati, D., Rachmayani, I., & Jaelani, A. K. (2022). Pemetaan Metode Pembelajaran yang diterapkan Guru dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5–6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2334

Smith, L. V., Wang, M. Te, & Hill, D. J. (2020). Black Youths’ perceptions of school cultural pluralism, school climate and the mediating role of racial identity. Journal of School Psychology, 83(June), 50–65. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.09.002.

Soetari, E. (2017). Pendidikan karakter dengan pendidikan anak untuk membina akhlak islami. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 116-147.

Ülger, M., Yi, S., & Ercan, O. (2014). Secondary School Teachers ’ Beliefs On Character Education Competency. 131(4310), 442–449. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.145.

Weber, M., & Ruch, W. (2012). The role of a good character in 12-year-old school children: Do character strengths matter in the classroom? Child Indicators Research, 5(2), 317–334. https://doi.org/10.1007/s12187-011-9128-0.

Zubaedi, (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Author Biographies

Izul Islamudin, Universitas Negeri Jakarta

Arifin Maksum, Universitas Negeri Jakarta

Nina Nurhasanah, Universitas Negeri Jakarta

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Islamudin, I., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah . Journal of Classroom Action Research, 6(4), 711–720. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9471