Pengembangan Media PowerPoint Interaktif Untuk Pemahaman Diri Siswa Mengenai Edukasi Seksual

Authors

Husnul Hayati , Prayogi Dwina Angga , Muhammad Makki

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9496

Published:

2024-11-07

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Edukasi Seksual, Media Interaktif, PowerPoint

Articles

Downloads

How to Cite

Hayati, H., Angga, P. D., & Makki, M. (2024). Pengembangan Media PowerPoint Interaktif Untuk Pemahaman Diri Siswa Mengenai Edukasi Seksual . Journal of Classroom Action Research, 6(4), 830–837. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9496

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media PowerPoint interaktif untuk pemahaman diri siswa mengenai edukasi seksual di kelas I SDN Pemepek yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan oleh Sugiyono dimana terdapat sepuluh langkah pengembangan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pemepek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Pemepek sebanyak 29 orang dan seorang guru mata pelajaran PJOK SDN Pemepek. Sedangkan, objek penelitian ini adalah media PowerPoint interaktif untuk pemahaman diri siswa mengenai edukasi seksual. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi, serta angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala Guttman dengan skor penilaian yaitu 0 atau 1 yang meliputi analisis data kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media PowerPoint interaktif untuk pemahaman diri siswa mengenai edukasi seksual mendapatkan persentase 85,71% dengan kriteria sangat valid dari ahli media, persentase 100% dengan kriteria sangat valid dari ahli materi, persentase 90% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru pada uji coba produk, persentase 92,14% dengan kriteria sangat praktis dari respon siswa pada uji coba produk, persentase 100% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru pada uji coba pemakaian, dan persentase 94,82% dengan kriteria sangat praktis dari respon siswa pada uji coba pemakaian. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint interaktif untuk pemahaman diri siswa mengenai edukasi seksual sudah valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas I SDN Pemepek. 

References

Amalia, E., Afdila, F. L., & Andriani, Y. (2018). Pengaruh Pemberian Pendidikan Seksual Terhadap Kejadian Kekerasan Seksual Pada Anak Di SD Negeri 04 Balai Rupih Simalanggang Payakumbuh Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 5(2), 162–168. https://doi.org/10.33653/jkp.v5i2.125

Bella, S. M., & Istianah, F. (2017). Pendidikan Seksualitas Sejak Dini sebagai Upaya Menghindarkan Anak-Anak Usia Sekolah Dasar dari Penyimpangan Seksualitas. Neliti: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3). https://www.neliti.com/id/publications/254539/pendidikan-seksualitas-sejak-dini-sebagai-upay a-menghindarkan-anak-anak-usia-sek

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fajar, M. M., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2023). Kajian Literatur: Efektivitas Media Video Animasi Pada Pembelajaran Bersifat Teori. In Prosiding Seminar Pendidikan Kejuruan Dan Teknik Sipil,1. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ spkts/article/view/36124

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–246. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204

Handayani, S., Caswita, C., & Nurhanurawati, N. (2020). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1098–1105. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.344

Kamilah, S. (2021). Analisis Konten Buku Cerita “Aku Sayang Tubuhku” sebagai Media Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini. JAMBURA: Early Chilhood Education Journal, 3(2), 93–105. https://doi.org/10.37411/ jecej.v3i2.572

Kementerian PPPA. (2023). KemenPPPA Dorong Kasus Kekerasan Seksual Lombok Timur Dihukum Maksimal dan Korban Dipenuhi Haknya. https://ppid.kemenpppa.go.id/dashboard/informasi_serta_merta_detail/621

Kementerian PPPA. (2024). Jumlah Kekerasan Terhadap Anak Menurut Jenis Kekerasan Yang Dialami. https://siga.kemenpppa.go.id/pencarian

Ma’aniyah, S. (2019). Pengembangan Media Kartu Gambar Berbasis Make a Match Dalam Pemahaman Konsep Materi Gaya Sekolah Dasar. JPM: Jurnal Pendidikan MIPA,7. http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/1703

Ninawati, M., & Handayani, S. L. (2018). Pengaruh Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran IPA Terhadap Perilaku Kekerasan Seksual. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2). http://repository.uhamka.ac.id/3967/1/Pengaruh%20Pendidikan%20Seksual%20dalam%20Pembelajaran%20IPA%20Terhadap%20Perilaku%20Kekerasan%20Seksual.pdf

Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya. Sosio Informa, 1(1). https://doi.org/10.33007/inf.v1i1.87

Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986

Sasmitha, L. D., Hadiprayitno, G., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 292-298. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4623

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supit, D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint dan Minat Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Advent UNKLAB. Cogito Smart Journal, 7(2), 447–459. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.352.447-459

Utama, A. W. W., & Djatmiko, R. D. (2018). Pengembangan Media Adobe Flash Mata Pelajaran Muatan Lokal Kelas Lanjut Di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 6(2), 133–138. https://journal.student.uny.ac.id/index.php /mesin/article/download/11885/11441

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.34

Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif. JUKANTI: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 247–257. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1025

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zahirah, U., Nurwati, N., & Krisnani, H. (2019). Dampak Dan Penanganan Kekerasan Seksual Anak Di Keluarga. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 10. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i1.21793

Zulvira, R. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5. https://jptam.org/index.php/ jptam/article/ view/1187

Author Biographies

Husnul Hayati, Universias Mataram

Prayogi Dwina Angga, Universitas Mataram

Muhammad Makki, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Husnul Hayati, Prayogi Dwina Angga, Muhammad Makki

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).