Analisis Proses Berpikir Dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert Dan Extrovert
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9500Published:
2024-11-02Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Pemecahan Masalah, Proses Berpikir, Tipe Kepribadian Introvert Dan ExtrovertArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan proses berpikir dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan extrovert siswa kelas IX MTsN 1 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 1 Mataram tahun ajaran 2024/2025 dan sample penelitian ini kelas IX-4 berukuran 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, tes, dan wawancara dengan instrument yang telah valid. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan proses berpikir dalam memecahka masalah siswa dengan tipe kepribadian introvert sebesar 52,11% dengan kategori rendah; sedangkan kemampuan proses berpikir dalam memecahkan masalah siswa dengan tipe kepribadian extrovert sebesar 56.09% dengan kategori cukup. hal ini menunjukkan bahwa kemampuan proses berpikir dalam memecahkan masalah siswa dengan tipe kepribadian extrovert lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert.
References
Baharunnisa., Arjudin., Kurniawan, E & Sripatmi. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Bilangan Pecahan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Of Classroom Action Research, 5(4), 247-253. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5756
Gusteti, M, U & Neviyarn. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pemebelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hadi, S & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT. 2(1), h. 57. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Isro’il, A., Sukiyanto., Pujiono. (2020). Proses Berpikir Siswa Madrasah Aliyah Dalam Membuat Peta Konsep Turunan Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual, Auditori Dan Kinestetik. Jurnal Cendikia, 12(2), 143-154. https://doi.org/10.37850/cendekia.V12i2.125
Jazuli, A., Lathifah, M. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Cerita Berdasarkan Tipe Kepribadian Extrovert Dan Introvert Siswa SMP Negeri 6 Rembang. Departemen Of Mathematics Education. 4(1). 23-32. Diakses melalui http://jurnalnasional.upm.ac.id/index.php/alphamath/article/view/7352
Juliansa, M., Kartinah., Putwosetiyono, F, D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Siswa Tipe Kepribadian Extrovert Dan Introvert. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 1(5). 133-137. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4459
Krisanti, E. (2018). Studi Karakter Ekstrovert dan Introvert Sebagai Pendukung Perancangan Karakter Film Animasi Pendek. Jurnal Desain, 5(3), 174-188. Diakses melalui https://scholar.google.com/scholar?cluster=131224396855288484330&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5#d=gs_qabs&t=1730162709441&u=%23p%3DLohvSI5FHLYJ
Moza, F. (2022). Aalisis Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Bangun Ruang. Jurnal Of Classroom Action Research, 5(1), 325-330. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.3713
Nurhadiani, R., Soeprianto, H., Azmi, S & Turmuzi, M. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Of Classroom Action Research, 6(3), 664-671. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8863
Ovan., Nasruddin., Tasni, N., Chairuddin., Saputra, A, (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar Siswa Kesetaraan Paket B. Journal of Mathematics and Applied Statistics, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.35914/mathstat.v1i1.27
Polya. G. (1973). How To Solve It: A New Aspect Of Mathematical Method. (New Jersey: Princeton University Press).
Prawira, P, A. (2013). Psikologi Kepribadian Dengan Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M
Rindu, R., Aripin, A., & Dedi, M. (2021). Proses berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437-448. https://doi.org/1031980/mosharafa.v10i3.675
Rizqiyati, A. M., & Kumala, F. Z. (2023). Analisis Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 46-61. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.7081
Sarjana, K., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., Lu’luilmaknun, U & Kurniawan, E. (2022) Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Di Era New Normal. Jurnal Ilmiah Propesi Pendidikan. 7(2), 309-316. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.303
Solso, R, L., Maclin, O, H., & Kimberly, M, M. (2014). Cognitive Psychology. London: Pearson.
Sulastri, M., Hayati, L., Hikmah, N., Azmi, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Madrasah Tsanawiyah. Griya Jounal Of Mathematics Education And Application. 1(4), 648-659. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.123
Sunaryo. (2022). Psikologi Untuk Keperawatan (2th edition). Jakarta:Buku Kedokteran EGC.
Suryawan, H, P. (2020). Pemecahan Masalah Matematika.Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Suryabrata, S. (2014). Psikologi Pendidikan (5th Edition). Jakarta: Rajawali Pers.
Wahyudi & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Author Biographies
Lia puji Hastuti, Pendidikan Matematika
Ketut Sarjana, Universitas Mataram
Ratna Yulis Tyaningsih, Universitas Mataram
Harry Soepriyanto, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Lia puji Hastuti, Ketut Sarjana, Ratna Yulis Tyaningsih, Harry Soepriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).