Efektivitas Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9510Published:
2024-11-02Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Hasil Belajar, Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, Klasifikasi Makhluk HidupArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui efektivitas pendekatan jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X MA Plus Nurul Islam Sekarbela. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimental dengan desain one group pre test-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 2 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 1 kelas diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 12 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji n-gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan n-gain menunjukkan bahwa nilai efektivitasnya sebesar 70.4 yang berarti tafsirannya sudah cukup efektif atau bisa diartikan penggunaan suatu model atau treatment sudah cukup efektif. sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh keefektifan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X MA Plus Nurul Islam Sekarbela.
Kata kunci: Efektivitas Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup
References
Aba, R., Londa, T. K. L., & Rende, J. C. (2022). PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN JAS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 131-136. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i3.193
Anggaraeni. (2006). “Desain Modul Pembelajaran IPA Berbasis Jas (Jelajah Alam Sekitar) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bendosari”, Jurnal Premiere Education, 6(2): 1.
Apriliani, F., Tyaningsih, R. Y., & Hayati, L. (2024). Efektivitas Penggunaan Kahoot dan Ispring Suite Sebagai Media Evaluasi Hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI Bisnis Ritel. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 537-543.https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8543
Dacholfany, M. I., Fujiono, F., Safar, M., Hanayanti, C. S., & Ulimaz, A. (2022). Manajemen Pendidikan Berbasis Pembelajaran Inspiratif Dan Bermakna di Era Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6853-6861.
Farshi, S., Jaelani, A. K., & Erfan, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Dengan Bantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Classroom Action
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1). https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi pendidikan nasional, 2(1), 93-97.
Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan ajar IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan literasi sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144. https://core.ac.uk/download/pdf/524714442.pdf
Novianti, R. (2022). Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Mata Pelajaran IPA. JPB-Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16-23. https://doi.org/10.55719/jpb.v2i2.550
Nursafiah, N., Ruslaini, R., & Hartono, M. (2023). PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP HUBUNGAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 10(1, April), 76-88.
Putra, S. H. J. (2021). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 204-213. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10030
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Rosalia, R. D., Adinugraha, F., & Silalahi, M. (2021). Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa (KPS) dengan Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 10-18.
Samitra, D., Widiya, M., & Rahmasari, N. D. (2016). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 8-13.
Samitra. (2016). “Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Ketrampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuk Linggau“, Jurnal Bioedutika, 4(.2): 3 https://g.co/kgs/56iDhzx
Siwi, D. A., Sari, N. K., & Prasetya, K. (2016). Desain Model Praktikum IPA Berbasis JAS (Jelajah Alam Sekitar) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bendosari. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 6(02).
Sukarso, A. A., & Lestari, T. A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal Of Classroom Action Research, 6(3), 494-503.https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8477
Supiadi, E., Sulistyo, L., Rahmani, S. F., Riztya, R., & Gunawan, H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education, 5(3), 9494-9505. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1764
Ule, K. N., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis jelajah alam sekitar (JAS) materi ekosistem taman nasional kelimutu (TNK) SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 147-156. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.147-156
Author Biographies
Mita Randani Sulastri , University of Mataram
Agus Ramdani, Universitas Mataram
I Gde Mertha, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Mita Randani Sulastri , Agus Ramdani, I Gde Mertha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).