Pengaruh Minat Baca Berbasis Literasi Dasar Dengan Media Big Book Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9516Published:
2024-12-11Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Hasil belajar, Literasi dasar, Media Big Book, Minat BacaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran big book dengan siswa yang menggunakan media buku siswa biasa. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan factorial desain 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normlitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan uji anava dengan menggunakan program SPSS versi 29.0 for windows. Dari hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media big book dengan media buku siswa biasa karena nilai F adalah 38,489 dengan signifikansi 0,001<0,05. Terdapat interaksi antara minat baca dengan media big book terhadap hasil belajar siswa. Karena nilai F adalah 5,944 dengan signifikansi 0,024<0,05. Hasil belajar siswa yang memiliki minat baca tinggi yang dibelajarkan dengan media big book lebih tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki minat baca tinggi yang dibelajarkan dengan media buku siswa biasa. Karena minat baca tinggi yang dibelajarkan dengan media big book nilai rata-rata 88,50 sedangkan nilai rata-rata siswa minat baca tinggi yang dibelajarkan dengan media buku siswa biasa yaitu 72,00. Hasil belajar siswa yang memiliki minat baca rendah yang dibelajarkan dengan media big book lebih tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki minat baca rendah yang dibelajarkan dengan media buku siswa biasa. Karena minat baca rendah yang dibelajarkan dengan media big book nilai rata-rata 88,17 sedangkan nilai rata-rata siswa minat baca rendah yang dibelajarkan dengan media buku siswa biasa yaitu 65,67.
References
Actavera, A., Matheos, Y., Malaikosa, L., & Zahrotin, A. (2023). Global Education Journal Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Big Book untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. 1.
Ariani, D., Firmansyah, I., Andriani, M. W., & Pgri Bangkalan, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Minat Belajar Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 7004–7012.
Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Bela, L., Nursalam, N., & Idawati, I. (2021). The Effect Of Using Big Book Media On Learning Interest And Learning Results Of Social Science Subject At Upt Sdn 027 Limpomajang, Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1367. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8295
Efendi, M. A., & Hanif, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Karangan. Jurnal Pendidikan, 10(2).
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Holifatus, E., Pendidikan, Z., Sekolah, G., Stkip, D., & Bangkalan, P. (2021). Pengaruh Media Big Book Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas 4 SDN Jaddih.
Leni Marlina, C. & M. (2017). Hubungan Minat Baca Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 10 Pekan baru. Pekbis Jurnal, 9(1), 33–47.
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media BIG BOOK Pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang.
Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan ajar IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan literasi sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.
Prawira, Y. A. (2015). Membangun Budaya Literasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Kurikulum 2013Oleh. https://translate.google.com/#en/id/literacy
Purwanto, R., & Si, S. (2011). Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa edisi I.
Puspaningrum, R. D., & Gunansyah, G. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Literasi Informasi Siswa Sekolah Dasar.
Putri, A.,Asrin., & Rosyidah, A. N. K. (2023). Analisis Faktor Penghambat Gerakan Literasi Baca Tulis Siswa di Desa Wisata MI Nurul Islam Kuta. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 178-187. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3258
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122847
Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). Hasil Belajar Mahasiswa: Analisis Butir Soal Tes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 15–27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3432
Shalihat, E., Zain, M. I., & Oktaviyanti, I. (2022). Implementasi Program Literasi Dasar pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2390
Suryabrata, S. (2000). Pengujian signifikansi hipotesis nol dalam penelitian psikologis.
Wahyuningsih, E. T., Purwanto, A., & Medriati, R. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Project Based Learning Di Kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.77-84
Warsilah, D. I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Terhadap Keterampilan Membaca.
Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Author Biographies
Dewi Apriani, Universitas Hamzanwadi
Donna Boedi Maritasari, Universitas Hamzanwadi
License
Copyright (c) 2024 Dewi Apriani, HARTINI HARITANI, Donna Boedi Maritasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).