Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9521Published:
2024-11-07Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Kecemasan Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori PolyaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecemasan matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 35 siswa kelas XI AKL 2 SMK Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian dengan ketentuan yaitu 2 siswa dengan kecemasan matematis rendah, 2 siswa dengan kecemasan matematis sedang, dan 2 siswa dengan kecemasan matematis tinggi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu kuesioner kecemasan matematis, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecemasan matematis rendah mampu melalui semua tahapan pemecahan masalah yaitu mampu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Siswa dengan kecemasan matematis sedang hanya mampu melalui tiga tahapan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, menyusun rencana, dan melaksanakan rencana. Sedangkan tahap memeriksa kembali siswa belum mampu melaluinya. Siswa dengan kecemasan matematis tinggi tidak dapat melalui semua tahapan pemecahan masalah yaitu belum mampu dalam memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, sampai memeriksa kembali.
References
Agustin, D. R., Shodiq, L. J., & Shoimah, N. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kecemasan Matematis dan Jenis Kelamin. Jurnal Edumath, 10(2): 95-103.
Anggarawati, G., Prasetyowati, D., & Zuhri, M. S., (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Kecemasan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5): 2541-2553.
Anjasari, T., Antika, H. N., & Kohar, A. W., (2022). How does Math Anxiety affect Students Problem Solving Ability? A case of III Structured Problem Mathematics Problem. Journal of Mathematical Pedagogy, 3(2): 98-113.
Apriyani, F., & Imami, A, I.. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa SMK Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio, 8(1): 236-246. doi: 10.31949/educatio.v8i1.1973
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Selong, Universitas Hamzanwadi Press.
Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1): 181-190. doi: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074
Khotimah, H., Amrullah, Tyaningsih, R. Y., & Sridana, N. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 4(4): 124-130. doi: https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2272
Lasdianto, J. R., Haerudin, & Abadi, A. P. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1): 88-102. doi: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v14i1.17
Maisarah, Fauzi, M. A., & Zulkifli, M. (2021). Model Hands-On Mathematics dan RME pada Kemampuan Pemahaman Relasional dan Mathematics Anxiety Anak Sekolah Dasar. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Purwokwerto: CV IRDH.
NCTM (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Polya, G. (1985). How to solve it. A new aspect of mathematical methods. New Jersey: Pearson Education.
Putri, H. E., Muqodas, I., Wahyudy, M. A., Abdulloh, A., Sasqia, A. S., & Afita, L. A. N. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. Bandung: UPI Sumedang Press.
Safitri, R. R., Lukman, H. S., & Nurcahyono, N. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kecemasan Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3): 3469-3485. doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1571
Sasih, S. S., Soeprianto, H., & Prayitno, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 4(2): 80-89. doi: https://doi.org/10.29303/jm.v4i2.1561
Wankat, P. C., & Oreovicz, F. S. (2015). Teaching Engineering, Second Edition. United States: Purdue University Press.
Zanabazar, A., Deleg, A., Ravdan, M., & Erdene, E.T. (2023). The Relationship between Mathematics Anxiety and Mathematical Performance among Undergraduate Students. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(1), 309-322. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i1.780
Zebua, T. G. (2022). Menggagas Konsep Kecemasan Belajar Matematika. Gunungsitoali: Guepedia
Author Biographies
Laila Fadila, Universitas Mataram
Arjudin, Universitas Mataram
Ratna Yulis Tyaningsih, Universitas Mataram
Nani Kurniati, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Laila Fadila, Arjudin, Ratna Yulis Tyaningsih, Nani Kurniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).