Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9617Published:
2024-11-03Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Sekolah DasarArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 1 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan nonequevalen controlgroup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Ampenan. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal essay dan non tes yaitu observasi menggunakan lembar observasi keterlaksanaan model Problem Based Learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, hipotesis, dan effect size. Hasil penelitian diperoleh t-hitung sebesar 2.531 dan t-tabel sebesar 1.674 sehingga diperoleh nilai t-hitung > t-tabel yaitu 2.531 > 1.674 yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 1 Ampenan. Hasil uji effect size menunjukkan bahwa pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori sedang. Begitupun dengan keterlaksanaan model Problem Based Learning yang dilakukan pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik, artinya model pembelajaran telah dilaksanakan dengan sangat baik sesuai dengan sintaks dari model Problem Based Learning.
References
Aini, N., Surya, Y. F., & Pebriana, P. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV MI Al-Falah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(2), 179-182. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1246.
Amalia, R., Arjudin, A., & Astria, F. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 18-27. doi:https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1992.
Andini, A., Sukardi., & Wahidah, A. (2024). Merdeka Belajar: Pengaruh Implementasi Pembelajaran P5 Terhadap Sikap Mandiri Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 584-591. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8405
Anggraini, P., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Cogreg I Kabupaten Tangerang. ISLAMIKA, 4(4), 788-798. doi:https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2153.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69. doi:https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69.
Gee, E., & La’ia, H. T. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Segi empat pada LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 321-325. doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18133
Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 42-46. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp.
Khakim, N., Santi, N. M., US, A. B., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347-358., doi:https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506.
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). Media Sahabat Cendekia.
Maghfira, L., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Sridana, N. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Jigsaw Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Materi Pola Bilangan. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 410-416. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5864
Mulyani, A. Y. (2022). Pengembangan Critical Thinking dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 100-105. doi:https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.226.
Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Parsa, S. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1-13. doi:https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13.
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). doi:http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078.
Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 35-42. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35681.
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75-86. doi:http://dx.doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Royani, I., Novitasari, D., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 58-65. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3900
Sarjono, S. (2017). Internalisasi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika. Madaniyah, 7(2), 343-353. Retrieved from https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/71.
Suci, M., Asmara, Y., & Sarkowi, S. (2023). Implementation of Project-Based Learning Model In History Learning for Class X Students at SMA Negeri 9 Lubuklinggau. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 4007-4020.
Suratno, S., & Kurniati, D. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Math-Science Berbasis Performance Assessment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Daerah Perkebunan Kopi Jember. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.11799.
Syamsudin, S. (2020). Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 81-99. doi:https://doi.org/10.30651/else.v4i2.4610.
Umar, I., Tikollah, R. M., & Sato, S. (2022). Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Wanggarasi Kab. Pohuwato Gorontalo. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 124-134, Retrieved from https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/133.
Author Biographies
Hanipah, Universitas Mataram
Khairun Nisa, Universitas Mataram
Prayogi Dwina Angga, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Hanipah, Khairun Nisa, Prayogi Dwina Angga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).