Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9619Published:
2024-11-06Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Computational Thinking, Media Video, Problem Based LearningArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa sebagai pemecah masalah melalui masalah autentik, mencari solusi, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi dan kemampaun pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL (Problem Based Learning) dengan bantuan media video terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram. Jenis penelitian yaitu Quasy Eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Penleitian ini dilakukan di SMAN 9 Mataram Tahun Ajaran 2024 dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram. Teknikengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling berdasarkan hasil uji kesetaraan sehingga diperoleh 2 kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pemberian soal essay untuk mengukur kemampuan computational thinking, yang kemudian dianalisis menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dilakukan uji prasyrat dilakukan uji hipotesis menggunakan uji analysis of covariance dengan bantuan SPSS 23 for windows dengan taraf signifikasi 0.05. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai signifikasi yang diproleh dari uji hipotesis adalah sebesar 0.000 > 0.05. Sehingga menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model PBL berbantuan media video terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram.
References
Adiyono, A., Agnia, A. S., & Maulidah, T. (2023). Strategi Manajemen Kurikulum dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Nashirul As’ adiyah Pepara Tanah Grogot. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 115-121. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.18216
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., ... & Yuliastuti, C. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) Dalam Pemecahan Masalah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111-126. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.119
Azizah, N., Setiadi, D., Lestari, T. A., & Jufri, A. W. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 371-377. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7711
Dewi, J. P., Lyesmaya. D., Maulana. L. H., (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Pada Materi Pengukuran Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3275-3285. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12678
Elvira, F. S., Roshayanti, F., & Baedhowi, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based LearningBerbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran , 4(3), 511-521. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.25502
Fitri, D. N., Setiadi, D., Kusuma, A. S., & Merta, I. W. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 531-536. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8416
Fitriani, A., Kartini, A., Maulani, M., & Prihantini, P. (2022). Peran Guru dan Strategi Pembelajaran dalam Memenuhi Kompetensi Siswa Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16491-16498. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5056
Habibah, F. N., Setiadi, D., Bahri, S., & Jamaluddin, J. (2022). Pengaruh Model Problem based learning Berbasis Blended Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII Di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 686-692. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.603
Hadi, S. (2022). Validitas perangkat pembelajaran model pbl terintegrasi stem untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Journal Of Classroom Action Research, 4(2), 133-137.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Hudha, M. N., Aji, S., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36-51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830
Kadarwati, S., Suparman, S., & Astutik, K. (2020). Keefektifan Computational Thingking (CT) Dan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Terhadap Penyelesaian Soal-Soal Cerita Materi Perbandingan (Skala Pada Peta) Di Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 63-68. https://doi.org/10.26714/jkpm.7.1.2020.63-68
Kurniawati, & Hidayah, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning berbasis blended learning terhadap kemampuan literasi sains. Bioedusiana, 6(2), 184–191. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3090
Litia, N., Sinaga, B., & Mulyono, M. (2023). Profil berpikir komputasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) ditinjau dari gaya belajar di SMA N 1 Langsa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1508-1518. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2270
Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh Model Problem based learning terhadap Kemampuan Computational thinking Berbantuan Media Geogebra. Journal on Education, 6(1), 7786-7796. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4127
Masfingatin, T., Maharani, S. (2019). Computation thinking: students on proving geometry theorem. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(9), 2216-2223.
Mulyati, M. (2023). Tren dan Pengembangan Keterampilan Berpikir Komputasional Anak Usia Dini pada Abad 21: Perspektif Teoretis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4155-4165. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4005
OECD. (2016). PISA 2015 Result: Ready to Learn Students’ Engagement and Self-BeliefsVolume III. Paris: PISA, OECD Publishing.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media Pembelajaran.
Pratiwi, G. L., & Akbar, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas V SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(1), 375–385. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302
Putri, N. A., Setiadi, D., & Lestari, T. A. (2024). Pengaruh Model Problem based learning Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa Kelas XI I IPA Di SMAN 7 Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4058-4068. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12889
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75-86. https://dx.doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122847
Rosadi, M. E., Wagino, W., Alamsyah, N., Rasyidan, M., & Kurniawan, M. Y. (2020). Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk dalam 3 Banjarmasin. Jurnal Solma, 9(1), 45-54. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3352
Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-inivatif. yogyakarta: Kaukaba dipantara.
Sartina, D., Maylani, S., & Limiansih, K. (2023). Integrasi computational thinking dalam pembelajaran proyek topik energi alternatif kelas III sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 294-304. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2773
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744.
Suzianti, D., & Dafit, F. (2023). Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Riau untuk Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 392-401. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.559
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking. Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455-466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Zahro, N. F. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Didactical Mathematics, 4(1), 148-155. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2073
Author Biographies
Erma Fatima, Universitas Mataram
Dadi Setiadi, Universitas Mataram
Khairuddin, Universitas Mataram
Mohammad Liwa Ilhamdi, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Erma Fatima, Dadi Setiadi, Khairuddin, Mohammad Liwa Ilhamdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).