Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Puzzle Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X 2 SMA Negeri 4 Kota Bima
Published:
2024-11-11Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Articles
How to Cite
Downloads
Abstract
Studi ini menganalisis seberapa efektif penggunaan metode pembelajaran picture and picture yang dipadukan dengan media puzzle dalam meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas X-2 di SMAN 4 Kota Bima pada mata pelajaran sosiologi. Metode yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan dokumentasi. Setiap siklus melibatkan dua pertemuan. Dalam pertemuan pertama, guru menyampaikan materi dan membagi siswa menjadi kelompok-kelompok untuk menyusun puzzle hingga menjadi gambar yang utuh serta mengurutkannya. Di pertemuan kedua, siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan mendiskusikan urutan gambar dengan logis. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi untuk menilai kinerja guru, lembar observasi siswa untuk mengevaluasi partisipasi, tes untuk mengukur pencapaian belajar, dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini diindikasikan oleh beberapa faktor: (1) penerapan metode picture and picture dengan media puzzle mencapai tingkat keberhasilan 100%, (2) partisipasi siswa dalam pelajaran sosiologi menunjukkan peningkatan, dengan 75% siswa masuk dalam kategori baik (B), dan (3) hasil belajar siswa di bidang sosiologi mengalami kemajuan, di mana 75% siswa mencapai nilai minimal (KKTP) sebesar 76. Pada siklus I, penerapan model pembelajaran ini menunjukkan keberhasilan 82%, yang meningkat menjadi 100% di siklus II. Selain itu, partisipasi siswa meningkat dari 61% di siklus I menjadi 94% di siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan perbaikan, dari 61% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II, dengan ketuntasan mencapai nilai standar (KKTP) sebesar 76. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran picture and picture dengan media puzzle terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan pencapaian belajar siswa dalam pelajaran sosiologi.
Author Biographies
rahmiah13, Universitas Mataram
Ni Made Novi Suryanti, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
Nursaptini Nursaptini, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
Sukardi Sukardi, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
Sri Rahmawati, SMAN 4 Kota Bima
License
Copyright (c) 2024 rahmiah13, Ni Made Novi Suryanti, Nursaptini Nursaptini, Sukardi Sukardi, Sri Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).