Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Puzzle Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9622Published:
2024-11-11Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Hasil Belajar, Keaktifan, Media Puzzle, Picture and PictureArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Studi ini menganalisis seberapa efektif penggunaan metode pembelajaran picture and picture yang dipadukan dengan media puzzle dalam meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas X-2 di SMAN 4 Kota Bima pada mata pelajaran sosiologi. Metode yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan dokumentasi. Setiap siklus melibatkan dua pertemuan. Dalam pertemuan pertama, guru menyampaikan materi dan membagi siswa menjadi kelompok-kelompok untuk menyusun puzzle hingga menjadi gambar yang utuh serta mengurutkannya. Di pertemuan kedua, siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan mendiskusikan urutan gambar dengan logis. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi untuk menilai kinerja guru, lembar observasi siswa untuk mengevaluasi partisipasi, tes untuk mengukur pencapaian belajar, dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini diindikasikan oleh beberapa faktor: (1) penerapan metode picture and picture dengan media puzzle mencapai tingkat keberhasilan 100%, (2) partisipasi siswa dalam pelajaran sosiologi menunjukkan peningkatan, dengan 75% siswa masuk dalam kategori baik (B), dan (3) hasil belajar siswa di bidang sosiologi mengalami kemajuan, di mana 75% siswa mencapai nilai minimal (KKTP) sebesar 76. Pada siklus I, penerapan model pembelajaran ini menunjukkan keberhasilan 82%, yang meningkat menjadi 100% di siklus II. Selain itu, partisipasi siswa meningkat dari 61% di siklus I menjadi 94% di siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan perbaikan, dari 61% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II, dengan ketuntasan mencapai nilai standar (KKTP) sebesar 76. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran picture and picture dengan media puzzle terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan pencapaian belajar siswa dalam pelajaran sosiologi.
References
Amalia, A. V., & Bintari, S. H. (2016). Penerapan model picture and picture pada pembelajaran bioteknologi untuk meningkatkan soft skill konservasi pada mahasiswa IPA Unnes. Unnes Science Education Journal, 5(1). https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9644
Feladi, V. (2019, November). Komparasi Model Pembelajaran Examples Non Examples Dan Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Keras Internet Di Tinjau Dari Motivasi Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi II (Vol. 1, No. 1, pp. 151-160).
Feladi, V., Lusia, A., Henita, H., Losta, I., & Dulhadi, D. (2023). Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dan Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa. Research in Education and Technology (REGY), 1(2), 118-124.
Firdaus, M., Yunus, M., & Andari, K. D. W. (2020). Deskripsi pemberian penguatan guru terhadap motivasi belajar pada siswa kelas V di SDN 011 Tarakan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 116-129. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2583
Hidayat, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Gambar dan Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor. Deiksis , 9 (03), 385-391.
Julkifliati., Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 152-159. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1718
Mi'rojah, N. Y., Suryanti, N. M. N., & Nursaptini, N. (2023). Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS 2 MA DH NW Kalijaga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 29-33.
Muntari., Purwoko, A. A., & Bachtiar, I. (2023). Kelayakan Modul Ajar IPAS Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Classroom Action Research, 5(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.7092
Nurhasanah, S & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran.
Pamungkas, S. A., Rustamana, A., & Nurhasanah, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X RPL Di SMKN 4 Kota Tangerang. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 492-499.
Prasetyo, E., Widyawati, S., Masykur, R., & Putra, F. G. (2018). Pengaruh pembelajaran picture and picture (PaP) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan spasial. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(1), 50-61.
Ramdani, A., Witono, A. H., & Sukardi, S. (2018). Pelatihan Pengisian Instrumen Akreditasi Untuk Peningkatan Mutu Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah Pada Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Wilayah IV. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.211
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.
Rosidah, L., Humaeroh, I., & Setiabudi, D. I. (2024). Penerapan Model Picture And Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Keterampilan Berbicara dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 8(2), 1046-1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7241
Rosyida, S., Ismail, M., & Sukardi, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran circuit learning (cl) berbantuan media kartu soal terhadap hasil belajar pkn. Jurnal pendidikan sosial keberagaman, 5(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i2.59
Septaningsih, S., Yulina, H., & Sudirman, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi, 8(2)
Tedy, T., Stevani, R., Tamara, R., & Yuliani, Y. (2023). Teknik Pembacaan Media Puzzle Huruf di Sekolah Dasar Kalimantan Tengah. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 187-196. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i2.1891
Telussa, R. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi pada Konsep Mobilitas Sosial Di Pkbm Mekar Sari Kabupaten Nabire Papua. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8(2), 160-171.
Ulfa, S. M., Sabrun, S., & Agusfianuddin, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikasiswa Kelas Viia Smpn 3 Sikur Pada Materi Pokok Pecahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Media Pendidikan Matematika, 5(1), 21-26. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i1.501
Yolida, B., & Marpaung, R. R. T. (2023). The Media Puzzle Assisted Guided Inquiry Model: Its Use of Students' Critical Thinking Skills. Futurity Education, 3(1), 128-138. https://doi.org/10.57125/FED.2023.25.03.09
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Author Biographies
Rahmiah, Universitas Mataram
Ni Made Novi Suryanti, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
Nursaptini Nursaptini, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
Sukardi Sukardi, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
Sri Rahmawati, SMAN 4 Kota Bima
License
Copyright (c) 2024 rahmiah13, Ni Made Novi Suryanti, Nursaptini Nursaptini, Sukardi Sukardi, Sri Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).