The Modul Ajar Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas V
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.9647Published:
2023-11-24Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Augmented Reality (AR), Modul Ajar, Kemampuan Pemecahan MasalahArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki beberapa keterampilan, di antaranya keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking dan problem solving). Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di sekolah didapatkan bahwa peserta didik kelas V memiliki kemampuan pemecahan masalah IPA yang kurang. Hal tersebut terjadi karena sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran IPA masih kurang variatif dan tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi. Berdasarkan permasalahan di atas diperlukan inovasi yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ditemukan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan modul ajar berbasis Augmented reality yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah IPA. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul ajar berbasis AR dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA peserta didik kelas V. Metode yang digunakan Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan/ Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yakni ADDIE yang terdiri lima tahapan yaitu analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Kualitas produk pengembangan yang diuji yakni kevalidan dan kepraktisan produk. Subjek uji kevalidan produk yakni 2 orang validator ahli materi dan 1 orang validator ahli media, sedangkan subjek uji kepraktisan produk yakni 1 orang guru kelas V dan peserta didik kelas V berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni angket validasi ahli materi dan validasi ahli media untuk uji kevalidan produk, angket respon guru dan respon peserta didik untuk uji kepraktisan produk. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan produk menggunakan rumus presentase perolehan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata perolehan persentase kevalidan dari aspek materi yakni 91,66% dengan kategori sangat valid sementara kevalidan pada aspek media 92,5% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan produk diperoleh rata-rata respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan respon 1 orang guru kelas V berturut-turut yakni 94,16%, 94,89%, dan 93,75% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan modul ajar berbasis augmented reality sangat valid dan sangat praktis digunakan.
References
Adrian, Q. J., Ambarwari, A., & Lubis, M. (2020). Perancangan Buku Elektronik pada Pelajaran Matematika Bangun Ruang Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 11(1), 171-176.
Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30–38. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.30698
Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 23(2), 99-110.
Cahyani, P. L., Harjono, A., Erfan, M., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. JCAR: Journal of Classroom Action Research, 6(3), 551–559. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8508
Gunawan, G., Harjono, A., & Kusdiastuti, M. (2019). Perangkat pembelajaran model inkuiri dipadu advance organizer (ao) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 1-6. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1195
Hadiprayitno, G., & Harjono, A. (2024). Validity of Project Model Science Learning Tools Assisted by Augmented Reality to Improve Students' Literacy and Creative Thinking Abilities. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 5837-5843. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i8.8373
Mursyidah, D., & Saputra, E. R. (2022). Aplikasi Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Pengenalan Bangun Ruang bagi Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 4(1), 427-433.
Nurlita, S., Maslihah, S., Rahman, A., & Retnawati, H. (2023). Efektivitas Pengembangan Modul SPLDV Berbasis Adil Gender untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 556-562. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6262
Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas VI SD No 5 Jineng Dalem. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(5), 10–15.
Ramadhani, H. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA tentang Siklus Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 148–153. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53803
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of educational science and technology, 3(2), 102-112.
Sirtufillaily, A., Tahir, M., & Hasnawati. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Suku Sasak pada Materi IPAS Bab 5 Kelas IV. JCAR: Journal of Classroom Action Research, 6(1), 140–146. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6918
Supriono, N., & Rozi, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Model Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 03(01), 53–61.
Susilana, R., & Ihsan, H. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech, 1(2), 183–195. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3095
Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Andhita, K. (2022). Effect of Augmented Reality (AR) on Problem Solving Ability in 3D Spatial Modeling in Elementary Schools: Pengaruh Augmented Reality (AR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pemodelan Bangun Ruang 3D di Sekolah Dasar. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 1476–1480. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.369
Wati, S. S., Artayasa, I. P., & Kusmiyati, K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Gerak Makhluk Hidup Berbasis Literasi Sains dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 548-553.
Yanuardi, Y., Destriana, R., Huasin, S. M., Rusdianto, H., & Layina, A. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality sebagai Alat Bantu Mengajar. JIKA (Jurnal Informatika), 8(2), 142-148.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Dalam Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.
Author Biographies
Ainun Mardiah, Universitas Mataram
A Harjono, Universitas Mataram
H Hasnawati, Universitas Mataram
M Tahir, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Ainun Mardiah, A Harjono, H Hasnawati, M Tahir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).