Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Muatan Pembelajaran IPS

Authors

Lisds Nurwasilah , Nur Hasanah , Muhammad Sobri

DOI:

10.29303/jcar.v6i4.9709

Published:

2024-11-24

Issue:

Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Keywords:

Berpikir Kritis, IPS, Model Problem Based Learning

Articles

Downloads

How to Cite

Nurwasilah, L., Hasanah, N., & Sobri, M. (2024). Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Muatan Pembelajaran IPS . Journal of Classroom Action Research, 6(4), 859–865. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9709

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keefektifan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada muatan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 28 Cakranegara. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Eksperimental Design Tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel yang digunakan yaitu seluruh kelas V yang terdiri dari kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Dalam pengambilan data penelitian ini terdapat uji prasyarat analisis data yaitu dengan melakukan uji normalitas dengan menggunakan uji kolmograf smirnov kemudian diuji homogenitasnya. Pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-T. Hasil penelitian diperoleh t-hitung ≥  t-tabel yakni 5,420 ≥ 2,018 dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh keefektifan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada muatan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 28 Cakranegara. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keefektifan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada muatan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 28 Cakranegara.

References

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95-107.

Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta analisis: Komparasi pengaruh model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal basicedu, 5(2), 1006-1017.

Aulia, L., & Budiarti, Y. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 2(1), 105-109.

Aulia, L., & Budiarti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal Elementary School Educational.

Cahyono, B dan Dwikoranto, (2021). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 10 No. 1., Hal:, 1-7. DOI: https://doi.org/1026740/ipf.v10n1.pl-7.

Devi, V. M., Susilawati., & Kosim (2023). Feasibility of Science Learning Devices with Integrated PBL Models of STEM Approach to Improve Students' Problem-Solving Ability and Self-Efficacy. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 47-51. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4351

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27-35.

Fauziyyah, H., Putri, F., & Rustini, T. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar Menggunakan Model PBL. Jurnal Ilmial Wahana Pendidikan, 9(2), 207-214. https://doi.org/10.5281/zenodo.7567547.

Hadi, Y. S., Setiadi, D., & Yani, A. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan pola lesson study untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 455-459. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5487

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Kamid, K., & Sinabang, Y. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127-139.

Kertati, I., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., ... & Arwizet, K. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. As-Sabiqun, 5(6), 1677-1693.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.

Novitasari, S., & Oktaviyanti, I.,. (2019). Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 50-58.

Nuraini, Z., Dewi, N. K., & Indraswati, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 279-284. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4007

Nurfitriyani., Makki, M., & Husniati. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika: Studi Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Classroom Action Research, 4(3), 39-45. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1884

Raharjo, D. (2018). Pembelajaran Berkarakteristik inovatif abad 21 pada materi kemandirian karir peserta didik dengan metode pembelajaran berbasis masalah (pbl) di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 87-104.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Saputri, M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92-98.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Siska, Y. (2023). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Garudhawaca.

Sobri, M., & Sianturi, A. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Global Education Trends, 1(2).

Author Biographies

Lisds Nurwasilah, Mahasiswa

Nur Hasanah, Universitas Mataram

Muhammad Sobri, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Lisds Nurwasilah, Nur Hasanah, Muhammad Sobri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).