Pengaruh Metode Tutor Teman Sebaya Berbantuan Media Brosur Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i4.7192Published:
2024-11-07Issue:
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024Keywords:
Metode Tutor Teman Sebaya, Media Brosur, Pemahaman Konsep, sikap ilmiahArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor teman sebaya berbantuan media brosur terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Selong, sedangkan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 84 siswa yang tersebar dalam 3 kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda sebanyak 18 butir soal untuk mengukur pemahaman konsep siswa, dan kuesioner untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji ancova (analysis of Covariance) berbantuan IBM SPSS versi 21. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000, artinya terdapat pengaruh metode tutor teman sebaya berbantuan media brosur terhadap pemahaman konsep. Hasil analisis persentase sikap ilmiah siswa terjadi peningkatan pada kelas eksperimen 1 sebesar 86,29% yang tergolong dalam katgoeri sangat baik. Hasil uji N-Gain menunjukkan 59,46% yang tergolong kategori cukup efektif, sehingga metode tutor teman sebaya berbantuan media brosur cukup efektif untuk digunakan. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh metode tutor teman sebaya berbantuan media brosur terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa pada materi ekosistem.
References
Arlina, A. (2022). Penerapan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Alat Musik Pianika Pada Siswa Kelas VIII.2 Di SMP 3 Siak Kabupaten Siak Sri Indrapura. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 274-284. doi:https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1578.
Diwangkari, N., Rahmawati, R., & Safitri, D. (2016). Analisis Keragaman pada Data Hilang dalam Rancangan Kisi Seimbang. Jurnal Gaussian, 5(1), 153-162.doi: hhtp;//ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/gaussian.
Fatimah, S. (2017). Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1). doi.org/10.24036.jippsd.v1i1.7934.
Gustiawan, A. (2021). Penggunaan metode tutor sebaya untuk meningkatkan antusias siswa SMK dalam pembelajaran fisika. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 8(1), 101-112. https://dx.doi.org/10.17977/10.17977/um031v8i12021p101
Khoriyah, J. (2021). Peer Teaching as a Learning Method to Improve the Result of Learning of Indsutrial Cloting Manufacturing Subject. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 329-338.doi: https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.292.
Majid, A. (2020). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mazlahidar, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Siswa Smp Negeri 7 Bengkalis. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4), 398-406. doi:https//doi.org/10.51878/learning.v2i4.1858.
Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138-147. doi.org/10.24246/j.js.2019.v9i2.p138-147.
Nafiah, S., & Jumino, J. (2019). Efektivitas Brosur Sebagai Media Pendidikan Pemakai Untuk Meningkatkan Pengetahuan Perpustakaan di SMA Negeri 3 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 249-259. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/26963/23743.
Ningsih, D. S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas VB SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 22-40. doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6849.
Nur, S., Irfan, M., Alfiani. N., Nasir. Y., Nursyamsi, S. Y. (2024). Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Berbantuan Mind mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Bioma, 6(1), 73-81.doi:https://doi.org/10.31605/bioma.v6i1.3630.
Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor pt. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah m-progre, 11(1).doi: hhtps://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.600.
Rahman, R., & Fuad, M. (2024). Peran Motivasi Dan Displin Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(2), 172-180.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Riduwan, S. P. (2016). Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rosanti, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(2), 1-10. doi.org/10. 26418/jpmipa.v9i2.26773.
Safitri, A. S. A., Jufri, A. W., & Bachtiar, I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Biopreneurship Terhadap Sikap Ilmiah Dan Minat Wirausaha Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3) https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/7854
Safnina, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IIS 1 Semestes Ganjil SMA Negeri 1 Pinggir Tahun Pelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4610-4622. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1611
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023, September). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 5, pp. 84-90).
Sanubari, F., Yamtinah, S., Redjeki, T. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Dilengkapi dengan Media Intraktif Flash Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) 3(4), 145-154.
Sarini, N. K., Sudana, D., N., & Riastini, P. NP. (2018). Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus II Santalia Melalui Tutor Sebaya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 94-102. doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15486.
Siregar, F. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Brosur Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Prosedur Di Kelas Xi Sma Swasta Hosana Medan. Retrieved from http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6939.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.
Ulfa, S. W. (2018). Mentradisikan sikap ilmiah dalam pembelajaran biologi. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(1), 1-7. doi.org/10.30821/biokulus.v1i1.314.
Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis.
Author Biographies
Risa Mar’ussifa Rizki, Universitas Mataram
Agus Ramdani, Universitas Mataram
Lalu Zulkifli, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Risa Mar’ussifa Rizki, Agus Ramdani, Lalu Zulkifli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).